4 Gerai Matahari Department Store di Soloraya Tutup Sampai 13 April 2020
Gerai Matahari di Hartono Mall Solo Baru tutup sejak Senin (30/3/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Gerai Matahari Department Store yang ada di empat pusat perbelanjaan wilayah Soloraya tutup mulai Senin (30/3/2020) hingga Senin (13/4/2020) mendatang.

Penutupan toko ini untuk mendukung pembatasan sosial atau social distancing yang diterapkan pemerintah untuk mengendalikan persebaran virus corona atau Covid-19.

Di Soloraya, gerai Matahari ada di empat pusat perbelanjaan, yakni Solo Grand Mall (SGM), Solo Square, Pasar Singosaren, dan Hartono Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Kecelakaan 2 Mobil Bertabrakan di Boyolali, 2 Orang Terluka

Asisten Manager Matahari SGM, Asnanto, mengatakan kebijakan penutupan gerai Matahari Department Store itu langsung dari kantor pusat. “Saya tidak bisa berkomentar. Langsung tanya pusat [manajemen],” ujarnya kepada Solopos.com, Selasa (31/3/2020).

Public Relations SGM, Ni Wayan Ratrina, membenarkan outlet ritel fashion terbesar di SGM ini tutup mulai Senin. “Mal menerima pemberitahuan via email pada Minggu [29/3/2020]. Ini keputusan dari head office atau manajemen Matahari pusat sehingga gerai atau toko di daerah mesti mengikuti,” katanya.

Perempuan yang akrab disapa Ina ini menambahkan penutupan gerai Matahari Department Store ini bersifat sementara hingga Senin (13/4/2020) mendatang.

Penggerebekan Kades Karangtengah Wonogiri Selingkuh Berujung Saling Lapor

Menurutnya, keputusan ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan pelanggan sekeluarga serta staf-stafnya. Di sisi lain, manajemen Matahari Department Store memberi tahu pengumuman penutupan gerai tersebut melalui berbagai channel.

Ubah Jam Operasional

Channel itu antara lain akun media sosial Instagram hingga menempel pemberitahuan di gerai yang ditutup di berbagai lokasi. Selain itu, manajemen mengarahkan konsumen belanja online lewat situs Matahari.com atau aplikasi Matahari App yang bisa diunduh di Playstore maupun Appstore.

Hal serupa diungkapkan Marcom Hartono Mall, Elfizia Carina. Menurutnya, manajemen mal mengetahui informasi penutupan sementara toko Matahari ini pada Senin pagi.

3 Orang Sembuh, Tak Ada Lagi Pasien Positif Corona di RSUD dr Moewardi Solo

Elfizia menambahkan buka tutupnya gerai termasuk Matahari Department Store menjadi kebijakan masing-masing tenant. “Sebelumnya tidak ada wacana akan penutupan toko ini. Kami tahu dari pemberitahuan via email pada Senin pagi,” katanya.

Sebelumnya, mal-mal di Soloraya juga mengubah jam operasional. Kebijakan ini sebagai salah satu upaya mencegah persebaran Covid-19. Di wilayah Solo hal ini sesuai dengan surat edaran (SE) Wali Kota Solo No 510/708 tentang pembatasan operasional tempat publik.

Orang Mudik Saat Wabah Corona, Sultan HB X: Mosok Pulang Enggak Boleh

Selain itu juga SE Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.440/2436/SJ/2020 tentang pencegahan Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah dan Maklumat Kapolri No. Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Corona.

Dalam ini operasional mal berubah menjadi jam buka mulai pukul 11.00 WIB dan tutup pukul 20.00 WIB. Biasanya, sejumlah ini mal ini beroperasi pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB atau 22.00 WIB.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom