SOLOPOS.COM - Ilustrasi Patung Merlion di Singapura. (Instagram)

Solopos.com, SINGAPURA – Ikon terkenal Singapura, Patung Marlion, rencananya segera dibongkar. Patung Merlion di Pulau Sentosa itu rencananya dibongkar pada 20 Oktober 2019.

Lokasi Patung Merlion menjadi salah satu bagian dari proyek Sensoryscape. Proyek ini merupakan bagian dari rencana pembangunan wisata bagian selatan Singapura yang memakan dana fantastis. Patung Merlion yang sangat ikonis itu dibongkar untuk pembangunan jalan raya yang menghubungkan Pulau Senstosa bagian selatan dan utara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembongkaran Patung Merlion itu memicu beragam komentar. Seperti diketahui, Patung Merlion merupakan tempat yang menjadi tujuan wisatawan asing saat menginjakkan kaki di Singapura. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Singapura tanpa melihat dan berfoto dengan latar belakang Patung Merlion.

Patung Merlion memiliki sederet fakta unik. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun dari The Straits Times, Selasa (24/9/2019) berikut:

Legenda Singapura

Patung Merlion dengan kepala singa dan tubuh ikan dirancang oleh ahli zoologi Inggrris, Alec Fraser Brunner, pada 1964. Patung ini sengaja dibangun sebagai ikon wisata dan promosi Singapura. Bentuk Patung Merlion kental dengan nilai histori.

Badan Patung Merlion berbentuk ikan untuk menjelaskan awal mula Singapura sebagai desa nelayan. Namun, narasi tersebut dibantah oleh catatan sejarah yang menunjukkan Singapura sebagai pelabuhan berkembang sejak abad ke-14.

Sementara kepala singa merujuk pada Pangeran Sriwijaya, Sang Nila Utama, yang memberi nama wilayah tersebut. Nama Singapura dipakai setelah dia melihat banyak singa berkeliaran di sana.

Patung pertama di Singapura

Merlion merupakan patung pertama di pinggir Sungai Singapura yang dipahat oleh Lim Nang Seng dan diresmikan pada 1972. Patung setinggi 8 meter dengan berat 70 ton itu berdiri di Merlion Park menghadap ke Teluk Marina.

Ada 7 Patung Merlion di Singapura

Total ada tujuh Patung Merlion di Singapura dan yang tertinggi berada di Pulau Sentosa. Enam patung lainnya berada di Merlion Park, puncak Gunung Faber, dan markas Singapore Tourism Board, serta di Ang Mo Kio Avenue 1.

Punya saudara di luar negeri

Patung Merlion yang menjadi ikon Singapura terkenal sampai ke luar negeri. Ada beberapa patung serupa yang dibangun di negara tetangga, salah satunya Jepang. Patung Merlion dibangun di Hokkaido, Jepang, sebagai simbol persahabatan dengan Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya