4 Fakta Unik Diskon dan Cashback, Ternyata Ini Sejarahnya!

Cashback dan diskon masa kini terbagi dalam dua jenis: cashback dan diskon langsung atau cashback dan diskon dalam bentuk voucher digital.

 Ilustrasi fakta unik diskon dan cashback.

SOLOPOS.COM - Ilustrasi fakta unik diskon dan cashback.

Solopos.com, JAKARTA — Dari berbagai jenis promo yang akrab di masyarakat Indonesia, diskon dan cashback jadi yang paling digemari. Jika diskon berarti potongan harga, promo cashback memungkinkan seseorang bisa “mendapatkan uang kembali” setelah membeli sesuatu. Uang kembali tersebut kemudian bisa digunakan untuk berbelanja barang lain yang dibutuhkan.

Popularitas diskon dan cashback makin ramai dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan meningkatnya tren belanja online. Namun, tahukah kamu dari mana diskon dan cashback berasal? Berikut informasi yang dikumpulkan oleh ShopeePay dari berbagai sumber:

Diskon Berawal dari Kupon Gratis

Pada tahun 1887, perusahaan minuman soda ternama di Amerika Serikat memberikan kupon kepada masyarakat untuk mendapatkan satu gelas minuman secara gratis. Aktivitas ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan produknya.

Baca Juga: Mengintip Ragam Promo di Kampanye ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah

Kemudian, secara perlahan, pemberian produk gratis tersebut mulai dikenakan biaya namun disertai dengan secarik kupon potongan harga. Seiring dengan berjalannya waktu, teknik promosi ini dikenal dengan nama ‘diskon’ dan mulai populer diterapkan di awal 1900-an hingga sekarang.

Cashback Populer Mulai 1980-an

Ditemukan cukup jauh setelah diskon, cashback pertama kali diterapkan oleh kartu kredit pada era 1980-an. Penerbit kartu kredit memberikan cashback untuk setiap pembelian yang kemudian dapat digunakan untuk membayar tagihan telepon si pemegang kartu.

Di tahun 1986, program cashback makin populer sejak diterapkan Discover Financial Services yang kala itu merupakan bagian dari Morgan Stanley (salah satu perusahaan terbesar di AS). Discover memperkenalkan konsep membagikan sejumlah nilai uang tunai kepada pemegang kartu pada setiap akhir tahun. Jumlah uang tunai bervariasi berdasarkan jumlah total tagihan yang dibebankan pada kartu kredit.

Makin Populer Sejak Tren Belanja Online dan Pembayaran Digital Merebak

Di Indonesia, istilah cashback dan diskon menjadi semakin populer sejak banyak munculnya marketplace dan layanan pembayaran digital di era 2010-an ke atas. Layanan pembayaran digital ShopeePay termasuk yang rutin memberikan cashback dan diskon untuk pengguna.

Versi Masa Kini: Cashback dan Diskon dalam Format Voucher Digital

Cashback dan diskon masa kini terbagi dalam dua jenis: cashback dan diskon langsung atau yang dikemas dalam bentuk voucher digital. Sebagai contoh, pada kampanye 7.7 ShopeePay Juli Cashback Meriah, ShopeePay memberikan Voucher Cashback 100% seharga Rp100 dan Rp1 (Khusus 7 Juli) untuk pengguna berbelanja di berbagai minimarket dan juga ratusan merchant lain yang berpartisipasi.

Untuk mendapatkannya, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Shopee, pilih fitur Deals Sekitarmu, dan pilih Voucher Cashback 100% dari ragam merchant yang tersedia. Voucher kemudian dapat digunakan di outlet fisik merchant yang dipilih.

Baca Juga: Tren Pembayaran Digital Meningkat di Minimarket, ShopeePay Hadirkan Kampanye 7.7 Juli Cashback Meriah

Dengan membeli voucher cashback tersebut pengguna akan mendapatkan cashback 100% untuk pembelian produk di seluruh merchant online dan offline yang berpartisipasi. Tak hanya Voucher Cashback 100%, tersedia pula Voucher Diskon 100% hingga 44 ribu seharga Rp100 untuk pembelian produk Sour Sally di tanggal 2 Juli.

Itulah empat fakta unik dari diskon dan cashback. Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian promo di 7.7 ShopeePay Juli Cashback Meriah dapat di lihat di tautan berikut. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play Store dan segera aktifkan ShopeePay.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Setelah kena PHK saat pandemi Covid-19, masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu stres.