SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Musim hujan sudah tiba. Saatnya mengubah pola hidup agar stamina lebih kuat. Di musim hujan seperti ini, sistem kekebalan tubuh seseorang cenderung menurun. Jadi, maklum saja bila seseorang mudah terserang penyakit.

Nah, sebenarnya penyakit yang datang di musim hujan bisa dicegah dengan cara mudah. Yakni memperbaiki pola hidup. Berikut empat cara mudah mencegah penyakit datang saat musim hujan yang dihimpun dari Live Strong, Sabtu (22/12/2018):

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tidur cukup

Tidur merupakan istirahat yang paling dibutuhkan tubuh. Saat tidur, kinerja organ dalam tubuh bakal beristirahat. Tidur juga meningkatkan kinerja sistem imun. Jadi, jangan sampai kurang tidur saat musim hujan datang agar tidak gampang terserang penyakit.

Makan teratur

Makan merupakan faktor penting yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar tidak gampang sakit, makanlah dengan teratur tiga kali sehari. Perhatikan pula kandungan gizi di dalam makanan tersebut. Bila perlu, minumlah suplemen atau vitamin khusus untuk meningkatkan daya tahan.

Cuci tangan

Kebanyakan penyakit tertular lewat tangan. Ya, meski terlihat bersih, sebenarnya ada berbagai kuman penyakit yang menempel di tangan. Jadi, rajinlah mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan.

Olahraga

Olahraga juga sangat penting untuk memperkuat sistem imun. Aktivitas fisik yang satu ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh saat musim hujan datang. Tidak perlu terlalu berat, cukup dengan bersepeda, joging, atau bersepeda selama 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya