4 Bus Angkutan Lebaran di Sukoharjo Diberi Tilang, 1 Lainnya Harus Dikandangkan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo melakukan pemeriksaan bus angkutan Lebaran di Terminal Sukoharjo, Senin (27/5/2019).

Pemeriksaan bus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalur mudik dan balik Lebaran. Dari hasil pemeriksaan itu, empat bus diberi tilang lantaran masa berlaku kartu pengawas dan izin trayeknya habis.

Sedangkan satu bus lainnya jurusan Wonogiri-Jakarta diperintahkan untuk dikandangkan lantaran tak laik jalan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Keselamatan Dishub Sukoharjo, Miyanto, mengatakan polisi memberi tilang sopir bus lantaran kartu pengawas dan izin trayek habis.

Mereka wajib memperpanjang izin trayek untuk beroperasi saat arus mudik dan balik Lebaran. “Izin trayeknya habis sehingga diberi tilang oleh petugas. Jumlah bus yang diperiksa 32 unit baik antarkota antarprovinsi [AKAP] maupun antarkota dalam provinsi [AKDP],” kata dia saat ditemui wartawan, Senin.

Pemeriksaan armada diprioritaskan mengecek kelengkapan teknis bus seperti rem dan ban. Tak hanya itu, kelengkapan administrasi bus juga diperiksa antara lain izin trayek dan kir. Dalam pemeriksaan itu, tak ditemukan bus yang memakai ban vulkanisir.

Selain diberi tilang, ada satu bus yang dikandangkan lantaran kaca bagian depan retak cukup besar. “Kami minta sopir bus segera memperbaiki kaca yang retak. Itu sudah tak layak beroperasi mengangkut penumpang selama berjam-jam,” ujar dia.

Bus tak laik operasional diminta dikandangkan di garasi dan dilarang beroperasi sebelum kelengkapan teknis maupun administrasi dilengkapi. Langkah ini untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan rusaknya kelengkapan teknis bus seperti rem.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Zamroni, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, mengatakan pemeriksaan bus dilakukan untuk mengantisipasi peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalur mudik dan balik Lebaran.

Kegiatan serupa bakal dilaksanakan secara rutin sebelum perayaan Lebaran termasuk di garasi bus. “Petugas bakal memeriksa kondisi bus di garasi sehingga bisa bisa diketahui apakah laik beroperasi atau tidak,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Inilah Capaian Pemerintah dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

Terkait program pemulihan ekonomi nasional, Airlangga menjabarkan per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun. 

Karanganyar Hari Ini: 22 Oktober 2011, 46 Imigran Terdampar di Berjo

Sepuluh tahun lalu, tepatnya pada 22 Oktober 2011, sebanyak 46 orang imigran asal Afghanistan dan Iran terdampar di rumah salah seorang warga di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Gapoktan Sebut Keterlibatan DPRD dalam Maraknya Penggunaan Sumur Sibel

Sebagian besar pembuatan sumur submersibel di Jaten, Karanganyar, dibiayai APBD melalui aspirasi DPRD Karanganyar.

Peneliti Temukan Fosil Bayi Dinosaurus di China

Peneliti China temukan fosil bayi Dinosaurus.

Ini Jalan Kabupaten Klaten yang akan Membelah Rest Area Tol Solo-Jogja

Keberadaan rest area jalan tol Solo-Jogja di Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, akan terbelah dengan jalan kabupaten.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Selamat! Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag Resmi Menikah

Jessica Iskandar  dan Vincent Verhaag mengucapkan ikrar dan sumpah pernikahan di Ayana Midplaza, Sudirman, Jakarta Pusat.

Penggunaan Sumur Sibel Tak Terkendali, Dispertan PP: Tak Ada Larangan

Dispertan PP Karanganyar menyebut tidak ada regulasi yang mengatur pengunaan sumur submersibel atau sibel di kalangan petani.

Ahok Dukung Adik Iparnya yang Pacaran di Mobil Patroli Ditindak Tegas

Ahok mendukung Polri menindak tegas adik iparnya, Bripda Bagas yang menyalahgunakan mobil patroli jalan raya untuk pacaran.

Pemeran dan Pacar Video Mesum Lele 13 Detik Minta Maaf

Pemeran video mesum viral Lele 13 detik meminta maaf lewat akun YouTube karena membuat kegaduhan di media sosial.

Wuling Formo S Diperkenalkan, Harga Rp150 Jutaan

Wuling Formo S diperkenalkan dan dibanderol dengan harga Rp150 Jutaan.

Prediksi Skor & Susunan Pemain Arsenal vs Aston Villa

Duel Arsenal melawan Aston Villa menjadi laga pembuka pekan kesembilan Liga Premier Inggris. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Emirates Stadium, Sabtu (23/10/2021).

Penggunaan Sumur Sibel oleh Petani Jaten Tak Terkendali, Ini Bahayanya

Jumlah petani di Jaten, Karanganyar, yang menggunakan air sumur submersibel (sibel) dinilai terlalu banyak sehingga mengancam ketersediaan air tanah.

Pos Polisi Angker Disulap Jadi Warung Pecel Lele, Horor Gak Ya?

Pos polisi yang angker di Jombang, Jawa Timur, disulap menjadi warung pecel lele.

Polisi Selidiki Keaslian Pelat RFS di Mobil Rachel Vennya

Di sejumlah media sosial seperti Tiktok dan Twitter, tak sedikit warganet membahas soal keaslian pelat RFS di mobil Rachel Vennya.

Operasi Pangan Murah dan Gratis Digelar di Masjid Al Falah Sragen

Operasi Pangan Murah dan Gratis ini digelar di Masjid Raya Al Falah Sragen untuk meringankan beban masyarakat setelah dihantam pandemi Covid-19 selama lebih dari satu tahun.