Tutup Iklan
Ilustrasi mencuci baju. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sabun colek kerap dipakai untuk membersihkan berbagai macam kotoran pada benda. Namun, sebenarnya sabun yang satu ini dibuat khusus untuk mencuci piring dan perabot rumah tangga lainnya.

Memakai sabun colek selain untuk mencuci piring memicu bahaya. Sabun colek dibuat dengan formula khusus untuk menghilangkan noda yang melekat pada benda logam, kaca, maupun plastik dengan cepat.

Sabun colek memiliki formula keras yang tidak cocok dipakai selain untuk mencuci perabot rumah tangga. Dikutip dari Boldsky, Sabtu (2/11/2019), berikut beberapa hal yang tidak boleh dicuci dengan sabun colek:

Cuci tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun colek sangat tidak dianjurkan. Penggunaan sabun colek untuk mencuci tangan justru akan merusak kulit dan memmicu pertumbuhan jamur penyebab infeksi.

Cuci baju

Penggunaan sabun colek untuk mencuci pakaian adalah tindakan yang salah. Sabun colek tidak memiliki formula yang sama dengan detergen untuk menghilangkan noda pada pakaian. Penggunaan sabun colek untuk mencuci pakaian ini justru akan merusak serat kain.

Cuci jok kulit

Mencuci jok sepeda motor maupun sofa yang terbuat dari kulit menggunakan sabun colek juga tidak dianjurkan. Sabun colek dapat merusak tekstur kulit. Selain itu, mencuci benda yang terbuat dari kulit dengan sabun colek juga membuatnya kusam.

Cuci kenndaraan

Jangan gunakan sabun colek untuk mencuci kendaraan Anda. Cat yang melekat pada kendaraan akan cepat memudar jika dicuci dengan sabun colek.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten