Tutup Iklan

4 Bebas, 283 Napi LP Tulungagung Peroleh Remisi

Sebanyak 283 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tulungagung menerima remisi khusus Idulfitri 1440 H. Empat di antara napi itu langsung bebas dan bisa keluar dari lingkungan penjaea setelah salat id.

4 Bebas, 283 Napi LP Tulungagung Peroleh Remisi

SOLOPOS.COM - Kasi Binadik Giatja LP Tulungagung Dedi Nugroho. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, TULUNGAGUNG — Sebanyak 283 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tulungagung menerima remisi khusus Idulfitri 1440 H. Empat di antara napi itu langsung bebas dan bisa keluar dari lingkungan penjaea setelah salat id.

"Empat yang langsung bebas ini masa hukumannya habis setelah mendapat potongan masa tahanan," ungkap Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik Giatja) LP Tulungagung Dedi Nugroho di Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (4/6/2019).

Tak disebutkan siapa saja napi yang bebas murni pada Rabu (5/6/2019) pagi. Dedi hanya menyebut keempat napi yang mendapat remisi khusus II (RK II/langsung bebas) ada empat orang. Dari empat orang itu, lanjut dia, satu mendapat remisi khusus berupa pemotongan masa tahanan selama 1,5 bulan, satu napi lagi dapat pemotongan satu bulan dan dua napi lainnya mendapat hak pemotongan 15 hari.

Sedangkan untuk remisi khusus I (RK I), Dedi memerinci ada delapan narapidana yang mendapat pengurangan masa tahanan sebanyak 1,5 bulan, 177 napi lain mendapat pemotongan 1 bulan, dan 94 napi sisanya mendapat pemotongan 15 hari. "Seluruh pengajuan revisi yang kita usulkan disetujui. Usulan awal yang diajukan 275 orang, lalu susulan sebanyak delapan orang sehingga total pengajuan revisi adalah 283 orang," kata Dedi.

Jika berdasar jenis kelamin, dari 283 napi yang mendapat remisi khusus, satu di antaranya merupakan napi perempuan. Dedi mengatakan, mengacu data jumlah warga binaan dalam LP per 1 Juni, jumlah napi dan tahanan yang mendekam di LP Kelas IIB Tulungagung tercatat sebanyak 640 orang.

Dari jumlah itu, 357 warga binaan belum layak atau tidak memenuhi syarat untuk mendapat remisi khusus, karena berstatus tahanan titipan (belum vonis) sebanyak 135 orang, kasus pidana khusus sebanyak 141 orang, belum memenuhi syarat minimal menjalani tahanan enam bulan sebanyak 61 orang dan karena pelanggaran tata tertib sebanyak 20 orang.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Berita Terkait

Berita Terkini

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.

Proklim, Cara Pemkot Magelang Dukung Jateng Gayeng Telung Ng

Program Jateng Gayeng Telung Ng jadi perhatian Pemkot Magelang dengan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.