SOLOPOS.COM - Ilustrasi penghitungan keuangan (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO — Aplikasi pembukuan juga penting dimiliki oleh semua jenis perusahaan. Tak hanya perusahaan berskala besar, bisnis mikro pun juga memerlukannya.

Bagaimanapun juga, pembukuan adalah komponen penting dalam perkembangan bisni sebab pembukuan yang baik akan membentuk kondisi finansial yang sehat. Tentu saja, kondisi finansial yang sehat akan memicu perkembangan bisnis yang baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jadi, Seperti Apa Pembukuan yang Baik?

Dalam bisnis, pembukuan adalah dasar dari sistem akuntansi atau pencatatan keuangan. Melalui pembukuan Anda bisa melihat bagaimana kondisi finansial, keuntungan, dan kerugian dalam bisnis atau perusahaan Anda. Bahkan, pembukuan juga bisa menjadi bahan penilaian dalam bisnis.

Pembukuan merupakan rekaman aktivitas yang terjadi dalam bisnis. Dengan begitu, kita bisa mengetahui dampaknya untuk kelangsungan bisnis yang dijalani. Jika aktivitas bisnis yang dijalankan membawa keuntungan, maka Anda tinggal menyusun strategi untuk mempertahankan atau meningkatkannya.

Bisa dibilang, pembukuan merupakan faktor vital dalam menentukan perkembangan perusahaan. Semakin rinci pembukuan dalam perusahaan, maka semakin baik pula dampaknya pada kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Tahapan dalam membuat pembukuan yang baik, sebagai berikut:

1. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Ketika membuka usaha, Anda perlu membuat buku khusus pengeluaran yang berisi catatan semua aktivitas pengeluaran dan belanja yang dilakukan. Mulai dari biaya operasional, bahan baku, hingga gaji karyawan harus dicatat dengan baik dan jangan sampai ada yang terlewat.

Setelah itu, Anda bisa membuat catatan yang merekam semua aktivitas yang terkait pemasukan dalam buku yang terpisah. Sekecil apa pun pengeluaran dan pemasukan harus dicatat dengan baik. Sebab, sekecil apapun jumlah uang yang masuk atau keluar sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis.

2. Membuat Buku Kas Utama

Langkah selanjutnya adalah membuat buku kas utama dengan menggabungkan transaksi pengeluaran dan pemasukan. Buku kas utama ini berfungsi agar Anda bisa mengetahui dengan jelas setiap keuntungan atau kerugian yang didapatkan.

3. Membuat Buku Stok dan Inventaris Barang

Transaksi tidak hanya sekadar uang yang masuk dan keluar saja. Barang yang masuk dan keluar pun juga perlu dicatat agar mempermudah Anda memonitornya. Oleh karena itu, Anda perlu membuat buku stok dan inventaris barang.

Selain mempermudah kontrol barang yang masuk dan keluar, buku stok barang juga membantu mencegah adanya kecurangan yang mungkin dilakukan supplier atau oknum tertentu.

Sementara itu, buku inventaris barang sangat berguna untuk menjaga aset perusahaan agar mudah dikontrol dan tidak hilang begitu saja. Adanya buku inventaris barang juga mempermudah kegiatan mutasi.

4. Membuat Laporan Laba dan Rugi

Buku laba dan rugi digunakan untuk mencatat setiap keuntungan atau kerugian yang terjadi. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah bisnis yang Anda jalani sedang untung atau malah merugi. Laporan laba dan rugi juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk menyusun strategi bisnis yang akan dilakukan kedepannya serta melacak jumlah pajak yang harus dibayarkan nantinya.

5. Membuat Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan ekuitas berisi perubahan modal yang terjadi pada bisnis atau perusahaan. Jumlah ekuitas bisa Anda dapatkan dengan menghitung selisih antara aset dan kewajiban. Dengan adanya laporan ekuitas, Anda bisa dengan mudah mengetahui bagaimana penggunaan modal dalam perusahaan.

6. Membuat Neraca Keuangan

Dengan adanya neraca keuangan, Anda bisa mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui nilai perusahaan setelah menjalani berbagai aktivitas keuangan. Laporan ini meliputi unsur harta, kewajiban, dan modal.

Pentingnya Aplikasi Pembukuan

Membuat pembukuan terlihat merepotkan, bukan? Membuat pembukuan dengan cara manual memang rumit dan rentan mengalami error sehingga tidak efisien dan justru memperlambat kinerja akuntan.

Tapi, Anda tak perlu khawatir, sebab perkembangan teknologi telah mempermudah hidup kita, termasuk dalam urusan membuat pembukuan. Di zaman yang canggih ini, kita bisa memanfaatkan aplikasi pembukuan yang prosesnya lebih cepat dan akurat.

Dengan begitu, waktu luang kita untuk mengembangkan bisnis pun lebih banyak. Apalagi, sudah banyak aplikasi pembukuan yang terintegrasi dan berbasis cloud sehingga data yang kita masukan lebih aman. Agar Anda lebih yakin dalam menggunakan aplikasi pembukuan, berikut 4 alasan pentingnya aplikasi pembukuan :

1. Akurasi Data Lebih Tinggi

Akurasi data sangat penting dalam laporan keuangan. Aplikasi pembukuan memperkecil kesalahan data yang kerap terjadi pada pembukuan manual sehingga data yang dihasilkan lebih akurat. Sebab, aplikasi pembukuan telah didukung dengan sistem khusus sehingga berbagai kesalahan seperti duplikasi data bisa dideteksi dengan mudah.

2. Informasi Keuangan Lebih Lengkap

Aplikasi keuangan bisa memberikan informasi keuangan yang lebih lengkap karena dilengkapi oleh fitur yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa aplikasi pembukuan bahkan dilengkapi fitur untuk memprediksi arus kas dan berbagai detail mengenai rincian keuangan yang kita butuhkan.

3. Pengelolaan Pajak Lebih Mudah

Beberapa aplikasi keuangan juga memungkinkan kita membuat laporan tentang berapa banyak pajak yang dibayarkan pada faktur atau pajak yang telah dibayarkan selama periode tertentu. Dengan begitu, Anda lebih muda mengumpulkan data untuk melakukan pelaporan pajak.

4. Data Tersimpan Aman

Selain bisa diakses di mana saja, data yang tersimpan dalam aplikasi pembukuan juga lebih aman. Aplikasi pembukuan biasanya terintegrasi oleh cloud dan koneksi internet sehingga resiko kehilangan data bisa diminimalisir. Apalagi, aplikasi pembukuan yang tersedia biasanya memiliki garansi keamanan data sehingga lebih terjamin.

Cara Memilih Aplikasi Pembukuan yang Baik

Untuk menemukan aplikasi pembukuan yang tepat, Anda perlu melakukan berbagai pertimbangan. Berikut hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih aplikasi pembukuan:



Siapkan Dana dan Lakukan Riset Harga

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan untuk membeli aplikasi. Setelah itu, lakukan riset untuk menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang telah Anda siapkan.

Pahami Kebutuhan Bisnis Anda

Catat dengan detail apa saja kebutuhan dalam bisnis Anda. Lalu cari tahu fitur apa saja yang Anda butuhkan dari sistem pembukuan tersebut dan pilih software akuntansi yang sesuai dengan bisnis Anda.

Diskusikan dengan Ahlinya

Agar tidak salah pilih, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan konsultan software yang Anda percaya. Meskipun Anda paham bagaimana akuntansi bekerja, mungkin Anda belum sepenuhnya memahami bagaimana software akuntansi bekerja. Jadi, sebaiknya berdiskusi terlebih dahulu dengan ahlinya agar menemukan aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Itulah alasan pentingnya software akuntansi untuk pembukuan dalam bisnis. Selain mempermudah Anda, aplikasi pembukuan juga membantu meminimalisir kesalahan data. Dengan begitu, kondisi finansial dalam bisnis Anda bisa dikontrol dengan baik.

Software Akuntansi Mekari Jurnal, Rekomendasi Terbaik untuk Bantu Tugas Akuntan

Di era digital saat ini, para pelanggan dan masyarakat umumnya ingin serba cepat dan praktis. Tidak terkecuali, dalam hal berbelanja. Para pelaku bisnis perlu mempertimbangkan software akuntansi yang ideal untuk memenuhi tuntutan kemajuan teknologi. Mari simak artikel berikut.

Kenapa sih software akuntansi itu penting bagi bisnis anda? Bayangkan, ketika toko atau tempat usaha anda masih mengandalkan pencatatan transaksi secara manual berbasis spreadsheet atau Excel. Tidak hanya membutuhkan banyak waktu dan tenaga, bisnis anda juga kemungkinan menghadapi risiko kesalahan manual yang berdampak fatal atau kerugian finansial. Maka itu, software akuntansi yang canggih mutlak dibutuhkan mengingat, beberapa permasalahan berikut:



  • Pengeluaran yang tidak terkontrol
  • Memakan banyak waktu untuk membuat laporan
  • Sulit dalam perhitungan keuntungan atau kerugian
  • Perhitungan data yang tidak akurat.

Kelebihan Software Akuntansi Mekari Jurnal, Solusi Pencatatan Transaksi & Keuangan

Kini software akuntansi Mekari Jurnal siap membantu permasalahan anda tersebut. Software akuntansi Mekari Jurnal merupakan aplikasi POS yang memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dengan harga yang terjangkau. Aplikasi akuntansi dan POS ini berbasis cloud sehingga cocok digunakan oleh toko retail, café dan restoran.

Salah satu fitur software akuntansi Mekari Jurnal yang sudah banyak peminatnya adalah fitur akunting. Anda dapat mengontrol segala bentuk pencatatan transaksi atau laporan keuangan dengan lengkap, terjamin aman dan mudah dilihat secara real time. Mari simak keunggulan fitur software akuntansi Mekari Jurnal berikut, yuk!

1. Dashboard Sederhana

Tanpa pencatatan yang berbelit dan rumit, fitur software akuntansi Mekari Jurnal menawarkan antarmuka yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemula. Catatan informasi usaha Anda tersimpan di dalam software akuntansi Mekari Jurnal dengan periode waktu yang digunakan adalah hitungan hari, bulan, dan tahun tersedia dalam bentuk laporan keuangan yang mudah dibaca dan real-time. Membuat laporan akhir keuangan dengan software akuntansi Mekari Jurnal akan semakin mudah hanya beberapa klik saja.

2. Real-time

Sistem POS seperti software akuntansi Mekari Jurnal mampu memberi Anda data real-time sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang cepat dan cerdas untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan. Semua data transaksi yang ada akan tersimpan dan terus terupdate secara real-time setiap harinya.

3. Tanpa Instalasi Terpisah atau Tanpa Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Fitur software akuntansi Mekari Jurnal terhubung langsung dengan Back Office. Sehingga tidak perlu install aplikasi secara terpisah. Bekerja dengan internal divisi finance, accounting maupun departemen lain di perusahaan menjadi lebih mudah dan praktis, karena sistem yang terintegrasi.

4. Keamanan Setara Bank



Dengan background perusahaan yang berfokus pada bisnis perbankan, software akuntansi Mekari Jurnal memilih menggunakan sistem penyimpanan Cloud dengan sistem keamanan yang setara dengan bank. Setiap pencatatan transaksi dan detail laporan dapat disajikan secara lebih aman dan kredibel.

Sederhananya, dapat dikatakan bahwa sistem POS membuat bisnis Anda lebih berfokus pada biaya, memberi Anda wawasan yang lebih luas tentang pendapatan, membuat Anda menghemat waktu, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan menggunakan data yang direkam sebelumnya untuk menciptakan tujuan ekonomi.

Manajemen akuntansi dari software akuntansi Mekari Jurnal terintegrasi dengan aplikasi POS secara langsung. Jadi, tunggu apalagi? ayo berlangganan software akuntansi Mekari Jurnal sekarang juga! Klik di sini untuk coba GRATIS 14 hari software akuntansi Mekari Jurnal Apps.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya