4.473 Ekor Hewan Ternak di Boyolali Kena Tracking PMK, Ini Hasilnya

Sebanyak 4.473 ekor hewan ternak di Boyolali telah di-tracking oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali terkait penyakit mulut dan kuku atau PMK.

 Petugas memeriksa kondisi hewan ternak sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Singosari, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (13/5/2022). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan ke lokasi tersebut dan memastikan kondisi terkini hewan ternak sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku milik peternak setempat itu mulai pulih dan membaik. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Ngroho/YU

SOLOPOS.COM - Petugas memeriksa kondisi hewan ternak sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Singosari, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (13/5/2022). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan ke lokasi tersebut dan memastikan kondisi terkini hewan ternak sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku milik peternak setempat itu mulai pulih dan membaik. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Ngroho/YU

Solopos.com, BOYOLALI – Sebanyak 4.473 ekor hewan ternak di Boyolali telah di-tracking oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali terkait penyakit mulut dan kuku atau PMK. Hasilnya ada 21 hewan ternak positif dan 360 suspek sampai Rabu (25/5/2022).

Ihwal data hewan ternak yang dilakukan tracking tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali, Lusia Dyah Suciati, saat dikonfirmasi Solopos.com pada Rabu sore.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

“Dari hewan ternak yang telah suspek dan positif tersebut, ada 41 sembuh per hari ini,” jelasnya.

Lusia mengungkapkan ada dua daerah merah dan enam daerah kuning penyakit mulut dan kuku di Boyolali. Dua daerah merah adalah daerah yang terdapat kasus positif penyakit mulut dan kuku, yaitu di Kecamatan Ampel dan Mojosongo.

“Untuk daerah Kuning atau daerah suspek PMK ada di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Musuk, Tamansari, Selo, Cepogo, Gladagsari, dan Karanggede,” jelasnya.

Baca Juga: Seluruh Pasar Hewan di Boyolali Bakal Ditutup Sementara, Ada Apa?

Ia mengungkapkan untuk mengatasi penyebaran penyakit mulut dan kuku, seluruh pasar hewan di Boyolali akan ditutup mulai Jumat (27/5/2022) hingga Jumat (10/6/2022).

Ia juga mengungkapkan selain menutup pasar hewan, penyemprotan disinfektan di semua pasar hewan juga akan dilakukan.

“Penyemprotan disinfektan di kandang-kandang juga, kemudian biosecurity untuk para peternak. Kemudian pengobatan bagi hewan ternak suspek dan positif dari teman-teman dokter hewan yang akan diketuai Kabid Keswan Disnakkan Boyolali,” kata dia.

Selanjutnya, Lusia menjelaskan hewan ternak yang positif ataupun suspek PMK akan diobati oleh para dokter hewan dengan memberikan antibiotik, vitamin, dan penurun panas.

Baca Juga: Pengumuman! Seluruh Pasar Hewan Boyolali Ditutup Sementara Mulai Besok

Sementara itu, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, mengungkapkan selama penutupan pasar hewan diharapkan penanganan kasus penyakit mulut dan kuku dapat lebih fokus.

“Artinya dokter hewan yang ada di Kabupaten Boyolali tentunya akan lebih fokus jika sementara pasar hewan kami tutup terlebih dahulu. Diharapkan penanganan akan fokus pada titik-titik kandang yang sudah nampak suspek PMK,” jelasnya dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Ia mengatakan selama pasar hewan ditutup akan ada disinfektasi di seluruh pasar hewan. Said mengungkapkan penyemprotan disinfektan juga akan dilakukan di kandang-kandang suspek PMK.

“Dalam penangannya nanti di tiap-tiap kandang yang muncul suspek maka kami bersama dengan PMI [Palang Merah Indonesia] Boyolali untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Cuaca Sragen Hari Ini Diperkirakan Berawan, Cocok Untuk Jalan-Jalan

Cuaca di Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dengan suhu udara yang tak terlalu panas. Simak ulasan lengkap prakiraan cuaca Sragen pada artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini Cukup Bersahabat

Cuaca Karanganyar hari ini diprediksi akan berawan hampir sepanjang hari, kecuali di sore hari yang berpotensi turun hujan ringan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Sabtu 25 Juni 2022 Ini: Siang Mulai Hujan

Informasi tentang prakiraan cuaca Boyolali pada hari Sabtu (25/6/2022) tersaji dalam artikel berikut ini.

Aman Lur, Prakiraan Cuaca Solo Sabtu Malam Ini Solo Tidak Hujan

Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG pada Sabtu (25/6/2022) ini lebih banyak berawan dan hanya diwarnai hujan ringan sore hari.

Mau Malam Mingguan? Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Sabtu 25 Juni 2022

Ulasan tentang prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo, Jumat (25/6/2022) hari ini, tersaji lengkap dalam artikel berikut.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Lebat Sore

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Ini Dia Calhaj Termuda Embarkasi Solo, Usianya 18 Tahun Asal Banyumas

Calhaj termuda Embarkasi Solo saat ini tercatat atas nama Muhammad Ishak Al Kasari, asal Banyumas, yang berusia 18 tahun.

Suporter PSIS dan PSS Melintas di Kartasura, Polisi: Jaga Kondusivitas!

Polisi menerjunkan ratsuan personel untuk pengamanan rute dan pengawalan suporter yang melintasi wilayah Kartasura.

Atlet Paralayang Jateng Latihan di Puncak Joglo Wonogiri, Ini Jadwalnya

Puluhan atlet paralayang Jawa Tengah (Jateng) berlatih di Puncak Joglo Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri selama tiga hari, Jumat-Minggu (24-26/6/2022).

Jemaah Selawat Bulan Bung Karno Membeludak Sampai Luar Vastenburg Solo

Jemaah tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDIP Solo menghadirkan Habib Syech membeludak sampai di luar Benteng Vastenburg.

Warga Karangturi Klaten Pilih Bangun Rumah Tahan Gempa, Alasannya?

Membangun rumah dengan konstruksi tahan terhadap guncangan gempa menjadi keniscayaan bagi mereka yang tinggal di daerah rawan gempa bumi. Hal itu, seperti yang dilakukan warga Desa Karangturi, Kecamatan Gantiwarno.

Ganjar-Rudy Absen Selawatan Bulan Bung Karno Bareng Habib Syech Di Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo tidak tampak menghadiri acara tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg Solo.

Hii! Ular Sanca Ini di Atap Kamar Mandi Milik Warga Wuryorejo Wonogiri

Seekor ular Sanca Kembang ditemukan di atap kamar mandi milik warga di Lingkungan Donoharjo, Kelurahan Wuryorejo, Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/6/2022) malam.

Cicipi Beras Kencur di Kafe Jamu Nguter, Delegasi G20: Rasanya Segar

Didampingi Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, delegasi negara anggota G20 tiba di Pasar Jamu Nguter, sekitar pukul 16.30 WIB.