SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Sebanyak 4.335 pemilih ganda telah teridentifikasi oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) selama dua pekan pertama proses pemutakhiran data pemilih. Mereka tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, Joko Purnomo, kepada Espos, Rabu (14/4) mengungkapkan, berdasarkan database Pemkab Wonogiri, awalnya pihaknya memperkirakan ada lebih dari 95.000 pemilih yang dicurigai tercatat ganda. Kemudian, berdasarkan laporan yang masuk dari 15 kecamatan yang sudah dilakukan pemutakhiran data, telah diidentifikasi sebanyak 4.335 pemilih ganda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi petugas mendatangi dan mendata ulang nama-nama yang dicurigai tercatat ganda. Sejauh ini sudah ditemukan 4.335 pemilih dan data mereka sudah dibetulkan. Ternyata memang banyak orang yang memiliki nama dan tanggal lahir sama,” jelas Joko. Ditambahkannya, pemutakhiran data pemilih itu dijadwalkan akan berlangsung sampai akhir April 2010 dan masih ada 10 kecamatan yang data pemilihnya belum masuk ke KPU.

Ekspedisi Mudik 2024

Mengenai panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dan petugas pengawas lapangan (PPL) yang hingga kini belum terbentuk sehingga mengakibatkan proses pemutakhiran data tidak ada pengawasan, Joko mengatakan, telah meminta bantuan seluruh elemen masyarakat, terutama ketua RT dan tokoh masyarakat untuk ikut mengawasi. Menurutnya, itu lebih efektif karena merekalah yang tahu kondisi di wilayah.

“Untuk rekrutmen anggota Panwascam maupun PPL, sebenarnya sudah dilaksanakan tes awal. Berikutnya adalah tugas Panwaslu kabupaten untuk melakukan fit and proper test dan menentukan para anggota Panwascam dan PPL,” kata Joko.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya