SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Ujian Akhir Nasional JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Ilustrasi Ujian Akhir Nasional
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

JOGJA-Soal Ujian Akhir Nasional (UAN) untuk Daerah Istimewa Yogyakarta telah tiba pada Jumat (12/4) dari Kudus. Dua armada mengirimkan naskah soal UAN dan Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN). Semua soal dan lembar jawab akan dibagikan hari ini dengan delapan armada.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Baskara Aji, kemarin mengatakan selama semalam soal tersebut akan disimpan di gudang dan dijaga petugas keamanan, termasuk dari pihak kepolisian.

Hari ini, Sabtu (13/4), distribusi soal kembali dilangsungkan. Direncanakan delapan armada untuk paket soal pendidikan formal akan dikirim ke Kelompok Kerja (Pokja) masing-masing.
Pengiriman soal ke pokja akan dikawal seorang polisi, sedangkan pengaman di Pokja akan menyertakan Polsek setempat.
Khusus untuk paket soal pendidikan non-formal, distribusi akan menggunakan dua armada ke Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota. Sementara pengamanan juga akan mengandeng kepolisian setempat.

Soal isu mengenai isu kebocoran, Disdikpora melihat sampai saat ini indikasi tersebut tidak ada. Bahkan, kata dia, SMS atau pesan mengenai jual beli soal dan kunci jawaban tidak beredar seperti tahun lalu.

Menurut Baskara, hal ini terjadi karena guru, orangtua dan siswa sudah meningkat kesadarannya.

Koordinator Satuan Pengawas dari UNY, Mochammad Slamet mengatakan jumlah dosen yang akan mengawasi UAN 2013 kali ini ialah 530 orang. Dosen tersebut berasal dari UGM, UNY dan UIN Sunan Kalijaga (Suka).

“Setiap dosen akan menjadi pengawas di tiap satuan pendidikan atau sekolah. tapi ada juga yang bertugas di sub rayon.
Pengawasan oleh dosen juga dilakukan saat UNPK (Ujian Nasional Program Kesetaraan),” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya