SOLOPOS.COM - Warga melihat kondisi akses jalan yang amblas tergerus longsor di wilayah Ngadirojo, Pacitan, Selasa (3/10/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Solopos.com, PACITAN – Sedikitnya 39 rumah warga dan satu jembatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur rusak akibat longsor yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Titik longsor tersebar di 12 kecamatan di kabupaten setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian itu,” ?????kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan, Erwin Andri Atmoko, di Pacitan, Selasa (4/10/2022).

Selain menimpa rumah dan bangunan, longsor juga menyebabkan sejumlah ruas jalan dan jembatan putus dengan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta atau bahkan hingga satu miliar rupiah lebih.

Baca Juga: Duh! Sedikitnya 52 Desa di Wonogiri Terdampak Serangan Kera Ekor Panjang

“Bisa jadi. Untuk kerugian belum bisa kami hitung,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Seusai kejadian itu, BPBD Pacitan melakukan pendataan di 12 kecamatan yang terdampak longsor.

Hasilnya ada 39 rumah yang teridentifikasi mengalami kerusakan mulai dinding jebol, atap ambrol, hingga rumah ambruk.

Baca Juga: Empat Kecamatan di Jogja Rawan Banjir, Ini Penyebabnya

Wilayah yang cukup banyak terdampak longsor ini ada di Kecamatan Tulakan (11 rumah dan dua titik jalan), Kecamatan Ngadirojo (3 rumah, 8 ruas jalan dan 1 jembatan putus), serta di Kecamatan Sudimoro (20 rumah).

“Data ini masih sementara. Pendataan masih terus dilakukan dan akan kami perbarui jika ada laporan baru masuk,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya