38 Gempa Darat Guncang Jateng pada 2022

BMKG Stasiun Geofisika (Stageof) Banjarnegara menyebut ada sekitar 38 gempa darat yang terjadi di Jateng sepanjang 2022.

 Ilustrasi skala gempa bumi. (Dok. Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi skala gempa bumi. (Dok. Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Geofisika Banjarnegara mencatat ada 38 kali peristiwa gempa bumi dengan titik episentrum di daratan atau gempa darat yang terjadi di Jawa Tengah (Jateng) sepanjang tahun 2022. Temuan itu berdasarkan hasil deteksi dari 22 alat jejaring sensor pengamat atau seismograf yang terpasang di sejumlah lokasi.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Heri Susanto Wibowo, mengatakan data tersebut diperoleh selama periode Januari hingga September 2022 melalui alat seismograf di sejumlah wilayah seperti wilayah pantai selatan, pengunungan tengah, dan pantai utara.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Gempa dengan lokasi episentrum di darat ada 38 gempa. Kalau untuk total keseluruhan gempa di Jateng [darat dan laut] ada 217 kejadian,” ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Heri menjelaskan 38 kali gempa darat di Jateng sepanjang 2022 itu terdeteksi di wilayah Wonosobo, Wonogiri, Semarang, Salatiga, Boyolali, Ajibarang, Purbalingga, Purworejo, Cilacap, dan Banyumas. Kekuatan gempa bumi itu rata-rata 1,6 Magnitudo hingga 4,4 Magnitudo.

“Melalui peralatan seismograf gempa darat sekecil apapun bisa langsung terekam di monitor,” jelas dia.

Baca juga: Gempa Tapanuli Utara, BNPB: 962 Rumah Rusak, 1 Orang Meninggal

Kendati demikian, masih ada sejumlah sesar lokal yang menimbulkan gempa bumi namun sejauh ini belum teridentifikasi. Sebab, untuk saat ini sesar lokal yang terpantau BMKG ialah sesar Baribis-Kendeng dengan sebaran segmen Kendeng, segmen Brebes, segmen Pemalang, segmen Weleri dan segmen Semarang.

“Di Jawa Tengah kan ada tujuh sesar lokal yang teridentifikasi. Tentunya masih banyak sesar yang belum teridentifikasi. Contohnya sesar Kali Bening, sesar Purwodadi, sesar Semarang. Tapi gempa darat yang muncul selama ini tidak pernah dirasakan warga. Kita juga tidak mendapat laporan adanya kerusakan bangunan atau rekahan tanah,” beber dia.

Heri pun berpesan agar masyarakat jangan gampang panik saat merasakan gempa. Pasalnya, informasi yang disebar oleh BMKG tidak untuk menakut-nakuti melainkan sebagai langkah kesiapsiagaan sehingga perlu sikap waspada jika muncul gempa yang lebih besar.

Baca juga: Jepara Diguncang Gempa M 5,3, BPBD: Tidak Dirasakan Warga

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutup dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bagikan Cokelat, Cara Polres Salatiga Sosialisasikan Nomor Layanan Aduan

      Brosur yang dibagikan kepada masyarakat bukan hanya tentang Layanan 110, namun juga berisi informasi layanan publik yang ada di Polres Salatiga berupa pembuatan SIM, SKCK, tata cara pelaporan di SPKT dan layanan sidik jari Sat Reskrim.

      Desa Conto Wonogiri Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022 untuk Kategori Ini

      Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri didapuk sebagai desa wisata terbaik Jateng 2022 untuk kategori Sapta Pesona dan CHSE.

      Lima Kata Khas Semarangan, Nomor Satu Kasar bin Agresif

      Berikut lima kata-kata yang menjadi ciri khas bahasa daerah Semarang atau Semarangan.

      Selamat! Desa di Banyumas Ini Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Wisata Pekunden di Kabupaten Banyumas dinobatkan sebagai desa wisata terbaik atau meraih juara pertama dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng) 2022.

      Solidaritas, Napi & Sipir Lapas Semarang Galang Dana bagi Korban Gempa Cianjur

      Napi dan sipir Lapas Kedungpane Semarang menggelar doa bersama dan menggalang dukungan bagi korban gempa Cianjur.

      225 Pemuda Jateng Ditempa Jadi Pebisnis di Salatiga

      Yayasan Plan Indonesia dan SPPQT memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ratusan pebisnis muda asal Jateng di Salatiga.

      Miris, Gaji Guru Madrasah di Blora Rp50.000 per Bulan

      Gaji guru madrasah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), disebut masih jauh di bawah kesejahteraan yakni Rp50.000 per bulan.

      Kongres Ulama di Jepara Berakhir, Ini 8 Rekomendasi untuk Pemerintah Jokowi

      Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II yang digelar di Jepara, Jateng, telah resmi berakhir dengan menghasilkan 8 rekomendasi.

      Janjikan Bisa Lolos CPNS, Guru PNS di Grobogan Dilaporkan ke Polisi

      Dua PNS, di mana salah satunya guru SMP dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan penerimaan CPNS di Kabupaten Grobogan.

      Selamatkan Lahan Kritis, Pemprov Jateng Tanam Jutaan Pohon

      Pemprov Jateng telah melakukan penanaman jutaan pohon sebagai upaya menyelamatkan lahan kritis.

      Sopir Ambulans di Ambarawa Jadi Korban Pembunuhan, Pelaku Diduga Perempuan

      Seorang sopir ambulans di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, diduga menjadi korban pembunuhan seorang perempuan.

      Truk Salip Truk di Jalan Kudus-Pati, Pengendara Vario Jadi Korban

      Kecelakaan maut melibatkan truk tronton dengan pengendara sepeda motor Vario terjadi di Jalan Kudus-Pati, Kabupaten Kudus.

      Warga Belum Terima Ganti Rugi Tol Semarang-Demak, PPK: Tidak Ada Nama Suparwi

      Seorang warga Desa Pulosari, Kecamatan Karangtengah, Demak, mengeklaim belum mendapatkan uang ganti rugi atas tanah yang digunakan pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi II.

      Hilang Sejak Kamis, Kakek asal Grobogan Ditemukan Meninggal di Sawah

      Seorang kakek berusia 64 tahun asal Grobogan ditemukan meninggal dunia di area sawah dalam posisi tergeletak.

      Kebut Proyek Tol Semarang-Demak, Gubernur Ganjar Bentuk Tim Khusus

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi I.