Kategori: Sragen

37 Kontak Erat Pasien Positif Covid-19 Kalijambe dan Sragen Kota Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya


Solopos.com/Tri Rahayu

Solopos.com, SRAGEN -- Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen melakukan rapid test terhadap 37 orang kontak erat pasien positif Covid-19 asal Kalijambe dan Sragen Kota.

Ke-37 orang tersebut merupakan hasil penelusuran atau contact tracing warga yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Krikilan dan Wonorejo, Kecamatan Kalijambe, dan Desa Tangkil, Kecamatan Sragen Kota.

Contact tracing itu dilakukan Selasa-Rabu (21-22/4/2020). Di wilayah Kalijambe DKK memeriksa 29 orang dan di Tangkil memeriksa delapan orang.

Maling Gabah di Karanganyar Demi Sambung Hidup, Pemulung Sragen Makan Beras Curian Lauk Sambal

Kepala DKK Sragen Hargiyanto saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu siang, mengatakan 29 orang kontak erat asal Kalijambe sudah diambil sampel darah untuk rapid test.

Dia menyebut hasil rapid test 29 orang itu negatif. Sebanyak 29 orang kontak erat itu berasal dari tiga lokasi, yakni di Desa Krikilan, Desa Wonorejo, dan di salah satu fasilitas kesehatan (fakses) di Kalijambe.

Kemudian pada Rabu, DKK memerintahkan bidan desa untuk mengambil sampel rapid test delapan warga terindikasi kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Sragen Kota.

8 Kasus Baru Positif Covid-19 Sukoharjo Tersebar di 5 Kecamatan, Ini Perinciannya

Pasien dimaksud adalah laki-laki berusia 73 asal Desa Tangkil, Sragen Kota, yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan swab tenggorokan pada Selasa (21/4/2020).

5 Kecamatan

"Hasil rapid test itu sampai sekarang belum diketahui hasilnya,” jelas Hargiyanto.

Dia menerangkan sampel swab laki-laki 73 tahun itu diperiksa di Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

Nekat Pulang, Pemudik Grogol Sukoharjo Wajib Karantina di Gedung Beralaskan Tikar

Sebagaimana diinformasikan, berdasarkan data hingga Selasa (21/4/2020), ada delapan kasus positif Covid-19 di Sragen. Mereka tersebar di lima kecamatan dan yang terbanyak adalan Kecamatan Sragen Kota dengan tiga kasus.

Pada dua pasien pertama positif Covid-19 di Sragen Kota, Dinkes Sragen melakukan rapid test kepada 12 orang kontak erat. Rapid test dilakukan pada Senin (13/4/2020).

Hasilnya dua orang positif berdasar rapid test yakni anak kandung pasien laki-laki berusia 39 tahun dan cucu pasien perempuan berusia 47 tahun. Namun keduanya harus dites swab untuk memastikan benar-benar positif atau negatif.

Share