37 Desa di Temanggung Gelar Pilkades Serentak, 1.601 Petugas Dikerahkan

Pilkades serentak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), akan digelar pada 30 Juni 2022.

Rabu, 29 Juni 2022 - 23:11 WIB Editor: Imam Yuda Saputra | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Sebanyak 37 desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), akan menggelar pemilihan kepala desa atau pilkades serentak, Kamis (30/7/2022). Sebanyak 1.601 personel keamanan pun akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pilkades serentak tersebut.

Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi, menyebutkan 1.601 petugas itu terdiri dari 386 aparat kepolisian, 105 anggota TNI, dan 1.110 anggota pelindung masyarakat atau linmas.

Khusus untuk aparat Polri, Agus menyebut terdiri dari 45 aparat Brimob Polda Jateng, 20 aparat Jatanras Polda Jateng, 31 anggota Dalmas Polres Wonosobo, dan 29 anggota Polres Temanggung.

Agus Puryadi menyampaikan tugas aparat keamanan adalah menjaga pesta demokrasi tingkat desa itu. “Warga harus mendapat jaminan keamanan saat pesta demokrasi. Setelah apel ini personel langsung ditempatkan di wilayah tugas masing-masing,” katanya seusai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Temanggung 2022 di Polres Temanggung, Rabu (29/6/2022).

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, mengatakan pada hakikatnya pengamanan pilkades merupakan kegiatan yang diarahkan ke beberapa aspek, antara lain aspek pelayanan, perlindungan, dan pengayoman masyarakat. Kemudian, aspek keamanan, ketertiban, dan kelancaran pelaksanaan pilkades itu sendiri mencakup kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan yang berlaku.

Baca juga: 583 Calon Bertarung di Pilkades Temanggung

Sementara aspek gangguan kamtibmas lainnya, papar dia, meliputi bencana alam, pelanggaran perda, dan wabah Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi. Aspek kriminalitas, baik itu kejahatan tradisional, konvensional, dan kejahatan transnasional, seperti pencurian, perusakan, pemalsuan, perkelahian, unjuk rasa, dan teror bom.

Ia menyampaikan agar pengamanan pilkades terlaksana optimal diperlukan kerja sama antara TNI/Polri, lintas sektoral, instansi terkait bersama unsur calon kades sehingga terbentuk suatu kesatuan utuh dan tangguh dengan sasaran Temanggung tetap aman, tertib, dan lancar tanpa ada gangguan maupun hambatan.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif