SOLOPOS.COM - Anggota panwascam dilantik di Hotel Tosan, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (23/12/2019). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo melantik 36 anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) yang akan bertugas di 12 kecamatan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Pelantikan digelar di Hotel Tosan, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (23/12/2019). Prosesi pelantikan diawali pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara seremonial itu dihadiri pejabat forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo.

Seorang anggota Panwascam Baki, Budi Istiyanto, mengaku baru kali pertama ini menjadi anggota Panwascam. Budi termotivasi menjadi anggota Panwascam lantaran ingin memberi kontribusi saat pelaksanaan pilkada.

Proyek Flyover Purwosari Solo Kelar Dilelang, Ini Pemenangnya

Dia bakal menyosialisasikan pencegahan pelanggaran pemilu seperti praktik politik uang atau money politics. Selama ini, Budi hanya sebagai penonton dalam pelaksanaan event politik di Kabupaten Jamu.

“Saya ingin menjadi pemain dalam pelaksanaan Pilkada Sukoharjo. Saya bakal belajar dari para senior mengenai pengawasan pemilu,” kata dia seusai pelantikan.

Di sisi lain, para anggota panwascam diminta menjaga netralitas saat bertugas pada Pilkada Sukoharjo 2020. Proses rekrutmen anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) menjadi tugas pertama yang diemban anggota Panwascam.

Sukarelawan Wonogiri Bagi-Bagi Tips Cegah Ular Masuk Rumah

“Ada beberapa parameter rekrutmen anggota panwascam seperti integritas, kapasitas dan keterampilan. Mereka juga dituntut mandiri dalam menangani kasus pelanggaran pemilu karena konstelasi politik Pilkada Sukoharjo diperkirakan memanas,” kata Ketua Bawaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto.

Mereka diminta menjaga netralitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi terbesar di Sukoharjo. Anggota panwascam juga diminta mematuhi regulasi dan undang-undang mengenai pelaksanaan pilkada.

Anggota baru panwascam diminta cepat beradaptasi lantaran tahapan Pilkada Sukoharjo telah bergulir. “Saya ingin anggota Panwascam menunjukkan netralitas dalam pilkada. Sebagai penyelenggara pemilu, anggota panwascam harus bisa menganalisis temuan atau laporan masyarakat ihwal pelanggaran pemilu,” ujar dia.

Stiker Miskin di Rumah 2 Lantai Trucuk Klaten Akhirnya Dilepas

Seusai dilantik, para anggota panwascam langsung mengikuti pembekalan pengawasan pemilu. Mereka diberi materi tentang pencegahan dan penindakan serta penyelesaian kasus pelanggaran pemilu.

Dalam waktu dekat, anggota panwascam bakal mengawasi proses rekrutmen anggota PPK yang digelar KPU Sukoharjo pada pertengahan Januari 2020.

“Proses rekrutmen anggota PPK berbarengan dengan rekrutmen anggota panitia pengawas desa [PPD]. Mereka bakal menjadi garda terdepan dalam pengawasan pemilu di wilayahnya masing-masing,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya