SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Warga Jebres diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit berbahaya selama datangnya musim penghujan. Penyakit yang perlu diwaspadai seperti demam berdarah dengue (DBD) dan leptospirosis.

Demikian disampaikan Kepala Puskesmas Ngoresan, Nur Hastuti ketika dijumpai Solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (2/11/2012). Dia mengatakan perubahan musim mempengaruhi kesehatan tubuh. Tidak hanya penyakit infeksi saluran pernafasan atas (Ispa) dan diare yang menyerang, ada juga penyakit lain yang perlu diwaspadai.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurutnya, ada beberapa penyakit utama yang harus diwaspadai selama musim hujan yaitu, leptospirosis. Penyakit ini, lanjut dia, biasa dikenal dengan penyakit kencing tikus.

“Urine dari hewan tikus yang terkena penyakit ini merupakan sumber utama penularan. Jadi harus diwaspadai,” jelasnya.

Dia menerangkan tanda-tanda leptospirosis di antaranya flu seperti nyeri tenggorokan, batuk dan sakit kepala. Selain itu, nyeri pada otot betis atau sampai gangguan yang lebih berat lagi pada hati, paru-paru, ginjal.

“Sejauh ini belum ada temuan leptospirosis di Jebres. Tapi harus tetap diwaspadai,” katanya.

Selain leptospirosis, dia mengatakan penyakit lain yang juga diwaspadai adanya DBD. Selama ini pihaknya sering memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui program penyuluhan khusus maupun kampanye kesehatan yang melibatkan kader dan masyarakat. Untuk mencegah muncul dan berkembangnya wabah penyakit itu, kata dia, masyarakat harus selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya menguras bak mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya