Ilustrasi narapidana di balik terali besi. (Bisnis)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 34 narapidana kasus tindak pidana korupsi di Provinsi Jawa Tengah kebagian nikmatnya remisi atau pengurangan masa hukuman yang diberikan pemerintah dalam rangka Hari Kemerdekaan alias hari ulang tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah Marasidin Siregar mengatakan secara keseluruhan terdapat 6.556 napi penghuni berbagai lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Jawa Tengah yang akan memperoleh pengurangan masa hukuman. Dia menyatakan besaran pengurangan masa hukuman tersebut bervariasi, antara satu hingga enam bulan.

"Dari jumlah sebanyak itu, 208 orang di antara mereka akan langsung bebas pada 17 Agustus 2019," katanya, Jumat (16/8/2019).

Selain napi kasus korupsi, sebanyak 1.449 napi kasus penyalahgunaan narkotika juga akan memperoleh remisi. Ia menjelaskan pemberian remisi tersebut merupakan bentuk kehadiran negara serta hak narapidana atas pencapaian positif selama menjalani hukuman.

Adapun jumlah napi dan tahanan yang saat ini menghuni 44 lapas dan rutan di berbagai daerah di Jawa Tengah mencapai 13.457 orang, yang terdiri dari 10.645 napi dan 2.812 tahanan. Jumlah tersebut jauh melebihi kemampuan rutan dan lapas yang hanya mampu dihuni sekitar 8.197 orang.

">KLIK dan ">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten