Kategori: Jateng

34 Gereja Diamankan 500 Polisi Kudus


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, KUDUS — Aparat Polres Kudus, Senin (23/12/2019), sudah melakukan pengamanan terhadap seluruh gereja di daerah setempat yang berjumlah 34 gereja. Itu adalah layanan polisi untuk memberikan rasa aman terhadap umat kristiani yang melaksanakan perayaan Natal.

"Pengamanan akan dilakukan serempak terhadap seluruh gereja baik yang kecil maupun besar," kata Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi di Kudus, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengungkapkan jumlah personel pengamanan gereja yang akan diterjunkan sebanyak 500 personel dengan konsentrasi pengamanan terbesar dilakukan di Gereja Santo Yohaner Evangelista. Pasalnya, kata dia, jemaat gerejanya mencapai 2.000 orang penganut Katolik.

Dalam rangka pengamanan gereja, maka hari ini (23/12) dilakukan sterilisasi terhadap gereja guna mengantisipasi kemungkinan adanya aksi teror menjelang perayaan Natal. Salah satu gereja yang dilakukan sterilisasi, yakni Gereja Santo Yohanes Evangelista di Jl. Sunan Muria, Kudus, Jateng.

Petugas yang diterjunkan melakukan sterilisasi, menggunakan metal detector serta anjing pelacak untuk menyisir setiap sudut bangunan gereja, seperti bagian halaman, di dalam ruang ibadah dan altar. Dalam penyisiran tersebut, polisi tidak menemukan adanya benda-benda berbahaya atau mencurigakan.

Sementara itu, romo pembantu di Paroki Santo Yohanes Evangelista Stephanus Nyaris Prsetyo mengungkapkan agenda dalam perayaan Natal terdapat dua kali misa yang digelar di Gereja Santo Yohanes Evangelista ini. Untuk misa pertama dilaksanakan pukul 17.30 WIB dengan jemaat sekitar 1.500 orang, sedangkan misa kedua 20.30 WIB dengan jumlah jemaat antara 500-600 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono