34.196 Pelanggar Lalin di Jateng Terekam ETLE, Paling Banyak Solo

Sebanyak 34.196 pelanggar lalu lintas di Jateng terjaring kamera tilang elektronik atau ETLE, paling banyak berasal dari wilayah Kota Solo.

 Seorang pengendara sepeda motor terekam kamera ETLE atau tilang elektronik telah melakukan pelanggaran lalu lintas di Kota Semarang. (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

SOLOPOS.COM - Seorang pengendara sepeda motor terekam kamera ETLE atau tilang elektronik telah melakukan pelanggaran lalu lintas di Kota Semarang. (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 34.196 pengguna kendaraan bermotor di Jawa Tengah (Jateng) terbukti melakukan pelanggaran lalu lintas selama kurun waktu 3-15 Januari 2021. Mereka kedapatan melanggar lalu lintas setelah terekam kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Dari 34.196 pelanggar lalu lintas di Jateng yang terekam ETLE itu, paling banyak berasal dari Kota Solo.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryonugroho, mengatakan pihaknya telah memasang ribuan kamera ETLE di berbagai daerah di Jateng. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan angka pelanggaran lalu lintas di wilayah Jateng.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Menurutnya, dalam kurun waktu 3-15 Januari 2022 telah terkonfirmasi 34.196 pelanggar lalu lintas di berbagai wilayah di Jateng. Perinciannya, 33.780 pengendara sepeda motor, dan 416 pelanggar merupakan pengendara mobil.

Baca juga: 3 Bulan ETLE Solo Aktif, Jumlah Pelanggar Lalin Anjlok

“Jumlah itu [34.196 pelanggar] merupakan yang terbanyak nasional, dibandingkan kota lain di Indonesia,” ujar Agus, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Agus, kebanyakan pelanggaran dari pengendara sepeda motor adalah tidak memakai helm dan bonceng tiga. Sementara pelanggaran kendaraan roda empat, kebanyakan tidak memperpanjang pajak kendaraan dan tidak mengenakan sabuk pengaman.

“Paling banyak dari Polresta Solo, dengan total 1.890 pelanggar. Itu yang terkonfirmasi sejak 3-13 Januari,” jelas Agus.

Agus pun mengimbau masyarakat untuk patuh dan disiplin berlalu lintas. Hal ini dikarenakan seluruh wilayah telah terpasang kamera ETLE atau yang populer dengan sebutan tilang elektronik. Pemasangan kamera ETLE merupakan bagian dari program ETLE Nasional Presisi dan sudah ada di seluruh jajaran polres di Jateng.

Baca juga: Kamera Tilang Elektronik Kerap Diakali, Ini Respons Satlantas Solo

“Tentunya ini menjadi Program prioritas Bapak Kapolri, sehingga proses penegakan hukum telah mengunakan sistem ETLE. Dengan demikian petugas lalu lintas tidak bersinggungan secara langsung dengan pelanggar,” jelasnya.

Agus menambahkan saat ini Polda Jateng telah merilis aplikasi GoSigap. Aplikasi ini bertujuan untuk pengiriman dokumen klarifikasi bagi pelanggar yang terekam kamera ETLE melakukan pelanggaran lalu lintas.

“Dokumen klarifikasi terintegrasi dengan aplikasi sehingga proses penegakan hukum lebih mudah dan dapat diakses oleh pelanggar dengan mudah,” tambahnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Solopos Hari Ini: Evaluasi PeduliLindungi

Sosialisasi dan masa transisi terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membeli minyak gorenq curah rakyat (MGCR) mulai dilakukan Senin (27/6/2022). Sejumlah kritik mengalir, mulai dari akses hingga keamanan data.

PPDB Solo: 20 SD Negeri Kekurangan Murid, Ini Solusi Dari Disdik Solo

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo menyarankan solusi bagi sekitar 20 SD negeri di Kota Bengawan yang kekurangan pendaftar pada PPDB tahun ajaran 2022/2023.

Pameran Foto Solo Zaman Dulu di Monumen Pers Nasional, Lihat Yuk!

Masyarakat bisa melihat gambaran Solo sekitar tahun 1900an lalu, dalam Pameran Foto Solo Tempo Dulu secara gratis mulai 30 Juni 2022 nanti.

Wah! Mulai Uji Coba, PLTSa Putri Cempo Solo Segera Beroperasi Lur

PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, memulai uji coba pengoperasian mesin pengolah sampah menjadi energi listrik pada Selasa (28/6/2022).

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Berawan Tanpa Hujan

BMKG merilis prakiraan cuaca Sragen hari ini bakal cerah berawan tanpa hujan.

Sebelum Beraktivitas Simak Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini Lur

Prakiaan cuaca Karanganyar hari ini akan cerah berawan tanpa turun hujan.

Masih ada 34.000 RTLH di Sragen, Kemiskinan Struktural Jadi Penyebab

Jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di Sragen masih tinggi meski tiap tahun ada intervensi. Kemiskinan struktural disebut sebagai penyebab.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Rabu 29 Juni 2022 Potensi Berawan

Inilah prakiraan cuaca wilayah Boyolali sepanjang hari Rabu (29/6/2022) menurut informasi BMKG.

Bersahabat, Cek Yuk Prakiraan Cuaca Kota Solo Hari Ini Rabu 29 Juni

Prakiraan cuaca Kota Solo dari BMKG untuk hari ini, Rabu (28/6/2022), terpantau cukup bersahabat.

Pagi Cerah, Tengok Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Rabu 29 Juni 2022

Simak prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo pada Rabu (29/6/2022) hari ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 29 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 29 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Ini 2 Kecamatan Dengan Tunggakan Pajak Kendaraan Tertinggi Di Solo

Tunggakan pajak kendaraan bermotor Kota Solo paling tinggi ada di dua kecamatan ini dengan nilai yang cukup fantastis.

Giliran Pajang Solo Dapat Pembagian Migor Dan Beras Henry Indraguna

Politikus Partai Golkar yang akan maju sebagai caleg DPR pada Pemilu 2024 Henry Indraguna bagi-bagi beras dan minyak goreng di Pajang, Laweyan, Solo.

Penduduknya Paling Sedikit, Kelurahan Laweyan Solo Hanya Punya 3 RW

Kelurahan Laweyan, Kecamatan Laweyan, yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit di Solo hanya terdiri atas tiga RW dan 10 RT.