334 Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Karanganyar Ikuti PKKMB

Universitas Muhammadiyah Karanganyar untuk kali pertama akan memulai perkuliahan yang diawali PKKMB dan Masta.

 Sekda Karanganyar Sutarno menyematkan tanda pengenal kepada perwakilan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) pada Rabu (28/9/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

SOLOPOS.COM - Sekda Karanganyar Sutarno menyematkan tanda pengenal kepada perwakilan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) pada Rabu (28/9/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 334 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Taaruf (Masta). Kegiatan tersebut diikuti selama dua hari, Rabu-Kamis (28-29/9/2022).

Kegiatan ini menjadi yang perdana setelah Umuka diresmikan pada 7 Juni 2022 lalu. Selama masa orientasi, para mahasiswa baru akan digembleng pembelajaran kebangsaan hingga pengenalan organisasi kampus dan lingkungannya.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Rektor Umuka, Muh. Samsuri, menjelaskan  mahasiswa baru ini tersebar di delapan program studi (prodi). Prodi tersebut yakni S1 Teknik Komputer, S1 Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Fisioterapi, D3 Produksi Ternak, D3 Perhotelan, dan D3 Sekretari Digital. Sedangkan Jurusan S1 Sekretaris dan D3 Bina Wisata tidak dibuka karena tak ada pendaftarnya.

“Kami terus mengembangkan diri. Ada beberapa program studi yang akan kita buka di tahun depan,” katanya di sela pembukaan PKKMB Umuka pada Rabu.

Baca Juga: Muh Samsuri Terpilih Jadi Rektor Universitas Muhammadiyah Karanganyar

Prodi baru akan dibuka di antaranya pendidikan guru, keagamaan, pengembangan kesehatan, dan hukum. Umuka merupakan merger dari sejumlah perguruan tinggi yakni Akademi Pariwisata Widya Nusantara (APWN) Surakarta, Akademi Sekretari Manajemen Santa Ana (ASMI) Semarang dan Akademi Peternakan Karanganyar (APEKA).

Segala kegiatan masih dipusatkan di Gedung Dakwah Muhammadiyah sebagai Kampus 1. Kemudian bangunan Akademi Peternakan Karanganyar (APEKA) sebagai Kampus 2.

Syamsuri menyebut Umuka akan membangun gedung perkuliahan di sisi barat gedung dakwah. Lalu, menambah ruang gedung dakwah sampai setinggi lima lantai. Kini UMUKA menanti realisasi hibah lahan seluas 10 hektare dari Pemkab Karanganyar untuk pengembangan kampusnya.

“Kegiatan belajar mengajar (KBM) mahasiswa belum bisa terkonsentrasi di kampus utama, ” tuturnya.

Baca Juga: Sukses Dirikan Umuka, Muhammadiyah Karanganyar Jadi Contoh PDM Lain

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Sutarno, mengakui sejumlah nota kesepahaman dengan Umuka telah ditandatangani. Meliputi penerimaan calon peserta magang dari Umuka ke kantor pemerintah, perkuliahan para aparatur sipil negara (ASN) yang menghendaki kenaikan jenjang karir, serta dukungan tata ruang untuk pengembangan wilayah. Hanya, perihal hibah tanah seluas 10 hektare itu akan dipelajari dulu.

“Itu (hibah 10 ha lahan) diwacanakan Pak Bupati. Kita pelajari dulu,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Gelar Pengajian, PSHW Sragen juga Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Ribuan warga Persaudaraan Setia Hati Winongo atau PSHW Sragen mengikuti pengajian dan doa bersama memperingati haul pendirinya, Ki Ngabehi Suro Diwiryo.

      Konser Dewa 19 Ditonton 9.815 Orang, Pajak Masuk ke Pemkot Solo Rp400 Juta

      Pemkot Solo diperkirakan akan memperoleh pendapatan sekitar Rp400 juta dari pajak hiburan penyelenggaraan Konser Dewa 19 di Edutorium UMS yang ditonton 9.815 orang.

      Sambut Pernikahan Kaesang di Solo, Warga Papua Berharap Bisa Ikut Isi Acara

      Sejumlah dari Kabupaten Asmat, Papua, menampilkan atraksi di CFD Solo untuk mangayubagya pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

      Hampir Semua Rumah Satu RW di Joton Klaten akan Tergusur Proyek Tol Solo-Jogja

      Hampir semua rumah satu wilayah RW di Desa Joton, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten akan tergusur proyek pembangunan jalan tol Solo-Jogja.

      Jika Solo Jadi Ibu Kota Provinsi Soloraya, Maka...

      Jika Kota Solo menjadi ibu kota provinsi baru, yaitu Soloraya, sektor perekonomian akan terus bergerak maju yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

      Ini Keunggulan Desa Conto Wonogiri yang Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, meraih predikat desa wisata terbaik di Jateng 2022 kategori Sapta Pesona dan Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability atau CHSE.

      Quick Response 110 Polres Sukoharjo Selamatkan Pemuda yang Nyaris Bunuh Diri

      Percobaan bunuh diri seorang pemuda di tempat indekos wilayah Kartasura berhasil digagalkan setelah rekan korban melapor ke call center 110 Polres Sukoharjo.

      Puluhan Penyandang Disabilitas Boyolali Galang Dana untuk Korban Gempa Cianjur

      Puluhan penyandang disabilitas di lereng Gunung Merbabu menggelar doa bersama sekaligus galang dana bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

      Siap-Siap! Lokananta Solo Segera Bertransformasi Jadi Creative & Commercial Hub

      PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) sebagai anggota Holding Danareksa siap mentransformasikan Lokananta Solo menjadi Creative and Commercial Hub.

      Unik! Pemilihan Ketua RT dan RW di Bareng Klaten Dilakukan secara Online

      Pemilihan ketua RT dan RW di RW 004, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Minggu (27/11/2022) digelar secara online atau memanfaatkan teknologi informasi.

      Film Pendek, Pidato Inggris dan Arab Sumbang Emas Jateng di Pospenas IX Solo

      Tiga cabang perlombaan yakni film pendek, lomba pidato bahasa Inggris dan bahasa Arab menyumbang medali emas bagi kontingen Jateng di Pospenas IX 2022 di Solo, 23-27 November 2022.

      Granat Unwidha-Pengamen di Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

      Sukarelawan Granat Unwidha Klaten bersama pengamen angklung jalanan Putra Pangestu menggelar aksi penggalangan dana pada Minggu (27/11/2022).

      Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

      Destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang meraih Juara I pada kategori dataran tinggi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

      Harga Sembako di Pasar Sukoharjo Naik Jelang Nataru, Telur Paling Tinggi

      Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok atau sembako di pasar tradisional Sukoharjo mulai merangkak naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

      Bantu Korban Gempa Cianjur, Puluhan Seniman Reog Ponorogo Pentas di CFD Solo

      Puluhan seniman Reog Ponorogo mengadakan pementasan dan aksi galang dana di CFD Jl Slamet Riyadi Solo untuk bantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.