SOLOPOS.COM - Relief phallus dan vagina di Candi Cetho bercampur dengan relief kisah Samodramanthana. (Solopos/Doc)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 33 pusaka primitif akan diperlihatkan kepada publik dalam Pameran Keris Peradaban Nusantara di kompleks Candi Cetho, Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Ada berbagai pusaka lain yang juga akan ditampilkan dalam pameran pada 1-2 Oktober 2022 mendatang tersebut.

Salah satu panitia pameran, Henny Priyadi, mengatakan pusaka primitif yang akan dipamerkan tersebut merupakan pusaka pada era situs candi yang berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saat ini pusaka-pusaka tersebut disimpan oleh perorangan,” ujarnya, Selasa (6/9/2022).

Ini akan jadi pameran pusaka kali pertama yang digelar di komplek situs Candi Cetho. Biasanya pameran dilakukan di luar candi. Peserta pameran adalah anggota paguyuban-paguyuban tosan aji di wilayah Karanganyar dan Soloraya. Bahkan paguyuban dari luar Jawa Tengah seperti Jawa Timur dan Yogyakarta kabarnya akan turut serta.

Baca Juga: Candi Cetho Alami Kerusakan di Sejumlah Bagian

Selain pameran pusaka, akan ada rangkaian kegiatan lain yang bakal menarik untuk dilihat. “Nanti ada pameran, ada bursa pusaka, dan ada juga kirab budaya. Untuk menyaksikan pameran dan semua rangkaian kegiatan ini gratis. Pengunjung hanya membayar harga tiket masuk [HTM] ke kompleks Candi Cetho,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya