SOLOPOS.COM - Sekar korwil Ngargoyoso menampilkan dramatari Macan Gadungan pada Grebeg Lawu di Terminal Tawangmangu, Selasa (24/9/2019). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pertunjukan seni budaya Grebeg Lawu “Etnis Manis” dihelat di Terminal Tawangmangu, Karanganyar, Selasa-Sabtu (24-29/9/2019), pukul 09.00 WIB-23.00 WIB. Pergelaran itu dimeriahkan 33 penampil dari 17 kecamatan di Karanganyar serta kabupaten/kota lainnya di Soloraya, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Gelar budaya Grebeg Lawu rutin diselenggarakan oleh Seniman Karanganyar (Sekar) setiap tahun. Tahun ini, Sekar mengusung tema teater tradisi. Ketua Umum Sekar Kabupaten Karanganyar, Joko Dwi Suranto, menuturkan penampil pada gelar budaya tahun ini melibatkan seniman dan akademisi dari luar Kabupaten Karanganyar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Tahun lalu semua genre masuk. Penampilan dari Kabupaten Karanganyar baik itu pelajar maupun seniman. Mereka menampilkan pertunjukan musik, wayang kulit, tari, campur sari, dan keroncong. Tahun ini khusus teater tradisi, seperti ludruk, ketoprak, wayang orang, drama, lenong, sandiwara,” kata Joko Dwi Suranto saat berbincang dengan wartawan di sela-sela acara, Selasa.

Dia menambahkan Grebeg Lawu sudah berlangsung lima tahun terakhir. Joko mengingat gelar budaya Grebeg Lawu dilaksanakan di Kecamatan Jatipuro, Kecamatan Gondangrejo, dan Kecamatan Tawangmangu.

Dia berharap gelar budaya kali ini merangsang seniman lokal Karanganyar tampil secara maksimal dan berani berbicara di depan umum.”Tujuan utama tentunya menghibur masyarakat,” ujar dia.

Pada Selasa kemarin, Sekar koordinator wilayah (korwil) Ngargoyoso membuka Grebeg Lawu. Mereka menggabungkan seni pertunjukan tradisional yakni wayang kulit dengan ketoprak. Cerita yang disuguhkan adalah Macan Gadungan, Awal Mula Dusun Gadungan, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso.

Tim yang terlibat dalam pertunjukan itu adalah dalang, penari, dan pengrawit atau pemusik yang memainkan seperangkat gamelan. Dramatari Macan Gadungan terbagi menjadi sejumlah adegan. Salah satu adegan menampilkan tokoh macan. Pertunjukan dimulai dengan bunyi tetabuhan yang menghentak sebagai penanda cerita dimulai.

Joko mempersilakan warga Karanganyar dan sekitarnya datang dan menyaksikan pertunjukan sesuai selera secara gratis. Panggung didirikan di Terminal Tawangmangu sisi selatan dan menghadap utara. Panitia juga menyiapkan layar besar dan 300-500 kursi untuk penonton.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Tarsa, mengapresiasi konsep acara Grebeg Lawu yang disusun Sekar Karanganyar. Dia berharap gelar budaya tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Sekar Kabupaten dan kecamatan selamat berkreativitas. Sekarang sudah menggandeng seniman di lima provinsi. Melalui seni ini bisa mempertahankan budaya, merekatkan persatuan dan kesatuan, dan ekonomi menggeliat. Mudah-mudahan dapat menghibur tamu yang datang,” tutur Tarsa.

Berikut Agenda Grebeg Lawu “Etnis Manis”:
-Selasa (24/9/2019)
Reog (Komunitas Reog Tawangmangu)
Tari Soreng Kabupaten Magelang
Drama Tari (Sekar Korwil Ngargoyoso)
Banjaran Wahyu Kliyu (Sekar Korwil Jatipuro)
Sejarah Kondang Plesungan (Sekar Korwil Gondangrejo)
Tumbaling Katresnan (Sekar Korwil Jumantono)
Lengger Kabupaten Banyumas
Kentrung Kabupaten Bojonegoro
Opera Kethek Ogleng Kabupaten Wonogiri

-Rabu (25/9/2019)
Sendang Pengayoman (Sekar Korwil Karangpandan)
Kapok Lombok (Sekar Korwil Jaten)
Joko Kendil (Sekar Korwil Jatiyoso)
Drama Kabupaten Boyolali
Wayang Orang Bocah Kota Solo
Ngundhuh Wohing Pakarti Kabupaten Sukoharjo

-Kamis (26/9/2019)
Tari Papua Provinsi Papua
Kethoprak Kearifan Lokal Sekar
Lutung Kasarung (Sekar Korwil Jumapolo)
Opera Sendang Bejen (Sekar Korwil Mojogedang)
Apus Krama (Sekar Korwil Kebakkramat)
Jangger Kabupaten Banyuwangi
Getar Gundul Kabupaten Gunung Kidul
Cokek Brandal Sukowati Kabupaten Sragen

Jumat (27/9/2019)
Randu Songo (Sekar Korwil Tasikmadu)
Derpoyudo (Sekar Korwil Kerjo)
Ontran-Ontran Ing Tlatah Bronggah (Sekar Korwil Tawangmangu)
Banjir Getih Ing Protelon Ngasem (Sekar Korwil Colomadu)
Drama Tari Bali Provinsi Bali
Kethoprak Kota Solo
Ludruk Kabupaten Malang

Sabtu (28/9/2019)
Dumadine Karanganyar (Sekar Korwil Karanganyar)
Ande-Ande Lumut (Sekar Korwil Matesih)
Kethoprak Gabungan (Seniman se-Soloraya)

Sumber: Sekar Kabupaten Karanganyar. (shy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya