Tutup Iklan

316 PNS Solo Dites Narkoba Mendadak

316 PNS Solo Dites Narkoba Mendadak

SOLOPOS.COM - Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) mengikuti apel di halaman Balai Kota Solo, Jumat (2/8) sebelum cuti Lebaran. Sebagian PNS kecuali yang terkait dengan pelayanan masyarakat akan mulai cuti Senin (5/8) dan masuk kerja lagi pada Senin (12/8).

Tes narkoba akan dilakukan kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Solo.

Solopos.com, SOLO -- Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengikuti tes narkoba secara mendadak alias tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tes narkoba itu diumumkan sesuai apel pagi, Senin (31/10/2016). Sebanyak 316 PNS di empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD), yakni BKD, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Setda menjadi sasaran.

Mereka kemudian mengisi formulir dan membawa satu botol plastik untuk menampung sampel urine. Antrean pun langsung mengular di depan pintu toilet Balai Kota.

Para PNS antre untuk menampung sampel urine, selanjutnya di tes apakah positif mengonsumsi obat terlarang atau tidak.

“Ada lima parameter tes narkoba yang dilakukan, yaitu amfetamin, metamfetamin, morfin, kokain, dan benzodiapezin,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, Susanto, ketika dijumpai wartawan di sela-sela kegiatan.

Dia mengatakan tes narkoba merupakan kegiatan untuk mengetahui seorang abdi negara menyalahgunakan narkoba atau tidak. Tes narkoba akan dilakukan di pemerintah daerah (pemda) lain di Jawa Tengah.

Saat ini untuk kelas kota besar di Jawa Tengah, Solo menjadi sasaran tes narkoba. Selain itu tes narkoba ini juga sebagai tindak lanjut penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Pemkot dengan BNNP.

“Hasil tes narkoba akan kami serahkan ke Wali Kota,” katanya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengancam akan menjatuhkan sanksi tegas hingga pemecatan bagi abdi negara yang terbukti mengonsumsi narkoba. Merujuk PP 53/2010 tentang Disiplin PNS, PNS terancam dijatuhi sanksi pecat jika terbukti terjerat kasus narkoba.

Rudy berencana menggelar tes narkoba bagi seluruh PNS di lingkungan Pemkot tahun ini. Sementara untuk saat ini, tes narkoba baru menyasar empat SKPD dan sebelumnya pimpinan SKPD, meliputi kepala dinas, badan, bagian, asisten, staf ahli, UPTD, camat, lurah dan pimpinan BUMD.

“Tes narkoba bagi seluruh PNS termasuk guru akan dilaksanakan,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Hari Prihatno menganggarkan dana Rp150 juta untuk pelaksanaan tes narkoba bagi PNS Pemkot Solo. Sekitar 2.000 PNS menjadi sasaran dalam tes narkoba tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.

Fascino 125, Skutik Berfitur Hybrid dari Yamaha

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan sepeda motor skuter matik berfitur hybrid pada Fascino 125.