31 Mei, Subsidi Minyak Goreng Curah Dicabut? Begini Kata Ekonom

Ekonom menyebut pemberian subsidi penting dilakukan guna menjaga harga minyak goreng tetap terjangkau bagi masyarakat.

 Pedagang mengangkat minyak goreng curah yang dibelinya saat operasi pasar di kawasan Pasar Dungus, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (20/5/2022). Dalam operasi pasar tersebut, Pemkab Madiun menyediakan 6.000 kilogram minyak goreng curah yang dijual kepada pedagang dan warga dengan harga Rp14.500 per kilogram untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengatasi kelangkaan minyak goreng. ANTARA FOTO/Siswowidodo/nym.

SOLOPOS.COM - Pedagang mengangkat minyak goreng curah yang dibelinya saat operasi pasar di kawasan Pasar Dungus, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (20/5/2022). Dalam operasi pasar tersebut, Pemkab Madiun menyediakan 6.000 kilogram minyak goreng curah yang dijual kepada pedagang dan warga dengan harga Rp14.500 per kilogram untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengatasi kelangkaan minyak goreng. ANTARA FOTO/Siswowidodo/nym.

Solopos.com, JAKARTA–Per 31 Mei 2022, pemerintah mewacanakan menghentikan program subsidi minyak goreng curah.

Ekonom Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai kebijakan pencabutan subsidi minyak goreng curah perlu diubah ke subsidi minyak goreng sederhana.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Menurut dia, pemberian subsidi penting dilakukan guna menjaga harga minyak goreng tetap terjangkau bagi masyarakat.

“Pemberian subsidi tetap penting untuk menjaga harga minyak goreng terjangkau bagi pelaku usaha makanan minuman skala UMKM dan masyarakat pendapatan menengah bawah,” kata Bhima kepada Bisnis.com, Rabu (25/5/2022).

Bhima juga menyarankan agar seluruh rantai distribusi minyak goreng curah maupun kemasan sederhana berada di bawah kendali Perum Bulog.

Baca Juga: Jokowi Tugasi Luhut Urusi Minyak Goreng

Langkah tersebut dilakukan agar pengawasan menjadi lebih mudah.

Selama ini model subsidi minyak goreng curah diserahkan ke skema swasta sehingga berakibat pada masih panjangnya rantai distribusi.

Dalam hal ini, kata Bhima, Bulog harus bermain maksimal. “Beri [Bulog] kewenangan lebih dan infrastruktur pergudangan harus ditambah hingga menjangkau seluruh wilayah masyarakat,” ujarnya.

Di lain sisi, program subsidi minyak goreng yang berjalan selama ini dinilai gagal memberikan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Bhima mengatakan salah satunya karena program subsidi tak dikendalikan oleh badan pemerintah dalam hal ini Bulog.

Program subsidi justru diserahkan kepada mekanisme pemain industri.

Baca Juga: Gampang, Ini Syarat Membeli Minyak Goreng Rakyat Rp14.000 per Liter

“Pengawasan juga lemah, dan memunculkan bisnis repacking curah menjadi minyak goreng kemasan premium,” ungkapnya.

Sebelumnya, rencana penghentian program subsidi minyak goreng curah keluar setelah adanya dua kebijakan terbaru dari Kementerian Perdagangan yang mengatur soal kewajiban pasokan dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO) yang tercantum dalam Permendag Nomor 30 Tahun 2022 dan Permendag Nomor 33 Tahun 2022.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Subsidi Minyak Goreng Curah Bakal Dicabut 31 Mei 2022, Ini Kata Ekonom

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Sri Lanka Bangkrut karena Krisis Ekonomi, Apa Dampaknya Bagi Indonesia?

Sri Lanka sedang bangkrut dilanda krisis ekonomi yang menyebabkan krisis pangan, bahan bakar hingga pemadaman listrik, lantas apa dampaknya bagi Indonesia?

Bisa Beli Pertalite dan Solar, Begini Langkah Mendaftar di MyPertamina

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, menjelaskan langkah itu dilakukan agar subsidi yang diberikan bisa tepat sasaran.

5 Provinsi Lokasi Uji Coba Beli Pertalite dan Solar Gunakan MyPertamina

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, menyatakan ada lima provinsi yang akan menjadi lokasi uji coba penerapan MyPertamina.

1 Juli 2022, Beli Pertalite dan Solar Harus Terdaftar di MyPertamina

Pertamina mensyaratkan pembelian Pertalite dan Solar per 1 Juli 2022 harus sudah terdaftar di laman MyPertamina.

Keren! Alila Solo OIah Sampah Makanan Jadi Permen hingga Keripik

Tim culinary Alila Solo memanfaatkan sampah makanan yang bisa didaur ulang kembali seperti kulit semangka hingga nanas.

Begini Tips dari PT KAI Agar Terhindar dari Pelecehan di Kereta

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa perseroan tidak akan memberikan ruang untuk tindakan pelecehan seksual di layanan kereta api.

Produsen Pupuk Pastikan Bahan Baku NPK Masih Aman

Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia (APPI) menyatakan mengamankan pasokan bahan baku pupuk NPK harus dilakukan. Hal tersebut demi menjaga pemulihan ekonomi Tanah Air tetap terjaga.

Bursa Asia Menguat, IHSG Lesu

Berdasarkan data Bloomberg, Indeks Topix Jepang menguat 1,11%, Shanghai Composite naik 0,88%, dan indeks Hang Seng menguat 2,35%, indeks Kospi Korea Selatan naik 1,49%.

IHSG Ditutup Melemah di Posisi 7.016,05, Saham Receh Melejit

IHSG cenderung tertekan dan ditutup melemah 0,83% atau 26,88 poin menjadi 7.016,05 pada akhir sesi II.

Kejagung Naikkan Status Penyidikan Kasus Impor Garam di Kemendag

Pada 2018 Kemendag menerbitkan aturan impor garam industri pada PT MTS, SM, dan GUI tanpa memverifikasi sehingga menyebabkan kerugian garam impor industri.

Juli 2022, Kelas Rawat Inap BPJS Dihapus, Segini Iuran BPJS Kesehatan

Dewan Jaminan Sosial Nasional atau DJSN mengatakan saat ini iuran yang dibayarkan oleh peserta BPJS Kesehatan masih sama, atau mengacu pada Perpres (Peraturan Presiden) No.64/2020 tentang Perubahan atas Perpres No.82/2018.

Harga Telur Rp30.000 Per Kilogram, Bapanas: Sudah Harga Ideal

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi melihat kenaikan yang terjadi merupakan ideal bagi peternak dan pedagang.

Menteri ESDM: Harga Keekonomian Pertamax dan Pertalite Rp30.000/Liter

Menteri ESDM menyatakan harga keekonomian BBM RON 90 maupun RON 92, rata-rata di atas Rp30.000.

Sah, Pengadilan Setuju Perdamaian PKPU Garuda Indonesia

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan bahwa disahkannya persetujuan rencana perdamaian PKPU oleh kreditur ini diharapkan dapat menjadi basis akselerasi kinerja Garuda Indonesia untuk terus bergerak adaptif dan agile dalam menjalankan langkah restrukturisasinya.

IHSG Sesi I Melemah, Saham BBCA, BBRI, GOTO Turun

Sejumlah saham big cap seperti BBCA, BBRI, GOTO cenderung turun.