31 Kabupaten/Kota di Jateng Gelar Vaksinasi Serentak Hari Ini, Kecuali Wonogiri
Kepala DKK Sragen dr Hargiyanto (kiri) dan Direktur RSSP Sragen Didik Haryanto memantau pelaksanaan gladi bersih pencanangan percepatan vaksinasi di RSSP Sragen, Minggu (24/1/2021) sore. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG -- Sebanyak 31 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) melakukan vaksinasi tahap pertama serentak pada Senin (25/1/2021) ini. Kecuali Wonogiri yang baru akan melakukannya besok Selasa (26/1/2021).

Vaksinasi serentak itu dilakukan menyusul telah didistribusikannya vaksin Covid-19 jenis Sinovac di 31 kabupaten/kota tersebut sejak Sabtu (23/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan Jateng baru saja mendapat 248.600 dosis vaksin dari pemerintah pusat. Vaksin itu diperuntukkan bagi 122.617 tenaga kesehatan atau nakes di 32 kabupaten/kota di Jateng.

"Sudah terkirim ke kabupaten/kota, diharapkan sudah selesai semuanya. Tinggal beberapa kabupaten atau kota, tapi harapannya diselesaikan pada hari ini,"ujar Yulianto saat menggelar jumpa pers secara virtual, Minggu (24/1/2021) siang.

Ia menambahkan, berdasarkan surat edaran dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, pada hari Senin akan dilakukan pencanangan vaksinasi. Yang pertama kali disuntik adalah Forkopimda dan tokoh masyarakat di daerah masing-masing. Setelahnya, baru penyuntikan vaksin bagi para nakes.

"Maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali yakni, bupati atau walikota, ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah tokoh-tokoh itu, dilanjutkan dengan nakes di daerah masing-masing," jelas Yulianto.

Ia menjelaskan pada pencanangan vaksinasi serentak akan diikuti 31 kabupaten dan kota. Sedangkan satu kabupaten yang belum adalah Kabupaten Wonogiri.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan melakukan vaksinasi awal pada Selasa (26/1/2021).

Sementara, tiga daerah yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Solo telah lebih dulu mencanangkan vaksinasi di termin pertama tahap satu, pada 14 Januari lalu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom