SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Guna menentukan jatuhnya 1 Ramadan, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kulonprogo menyiapkan aparaturnya untuk menggelar rukyatul hilal. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar pada 31 Juli mulai pukul 16.30 di Pantai Trisik, Kulonprogo.

Kepala Seksi Pekapontren dan Penamas Kemenag Kulonprogo A. Madjid menjelaskan, Pantai Trisik dipilih sebagai lokasi rukyat lantaran tempat yang merupakan pantai paling timur Kulonprogo ini memiliki lokasi yang paling mendukung jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Selain itu, tambahnya, di Pantai Trisik juga telah memiliki gubuk-gubuk sebagai tempat untuk rukyat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Lokasinya bagus. Tapi tidak tahu lagi, kalau tiba-tiba mendung,” ujarnya kepada Harian Jogja hari ini, (26/7).

Ia menambahkan, tim yang akan melakukan rukyatul hilal terdiri dari organisasi masyarakat Islam baik NU maupun Muhammadiyah, MUI, serta Kepala KUA dan penyuluh agama Islam dari 12 kecamatan. Dijelaskannya, sebelum menggelar rukyat, tim tersebut terlebih dahulu diberikan pembekalan oleh tiga orang petugas rukyat dari Badan Hisab Rukyat (BHR) Seksi Urusan Agama Islam Kemenag Kulonprogo. ”Kami [Kemenag Kulonprogo] kan sudah punya petugas rukyat sendiri di bagian BHR,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo, Ridwan Priyanto menegaskan, penetapan 1 Ramadan bersamaan atau tidak sebaiknya tidak dipersoalkan. ”Masing-masing masyarakat hendaknya menghormati apa yang menjadi kepercayaan warga lain,” ungkapnya.(Harian Jogja/Arief Junianto)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya