SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Gunung Merapi (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Walaupun diguyur gerimis, Gunung Merapi masih menjadi lokasi idola dalam merayakan pergantian tahun, 2012 ke 2013, oleh para pencinta alam. Hal itu sebagaimana terpantau lewat jumlah pendaftar di basecamp Barameru atau pos pendaftaran pendakian Gunung Merapi, Senin (31/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu petugas di base camp tersebut, Gimar, menjelaskan sebanyak 300 orang terdaftar di sana sejak Senin pagi hingga Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ya masih ramai, dari tadi pagi secara berangsur pengunjung terus berdatangan, sampai saat ini 300 orang [terdaftar],” kata Gimar saat dihubungi Solopos.com.

Tak semua total pendaftar itu bertujuan mendaki hingga puncak Gunung Merapi. Gimar menyebut mayoritas pengunjung memilih camping. Lokasi camping yang menjadi pilihan itu antara lain kawasan perkebunan, berjarak sekitar 0,5 km dari base camp Baramer, dan kawasan sekitar Pos I atau berjarak sekitar 1 km dari base camp itu. “Lebih banyak yang  camping,” imbuhnya.

Seperti yang terjadi di sebagian besar wilayah Boyolali pada Senin malam. Terpantau Gimar dari posnya yang terletak di lereng Gunung Merapi bagian utara, tepatnya di Kecamatan Selo, Boyolali, gerimis mengguyur kawasan tersebut. Dia memaparkan kabut tipis juga menyelimuti Merapi.

Disinggung mengenai antisipasi kejadian yang tidak diingingkan, sebagaimana menimpa empat mahasiswa UGM akhir pekan lalu, yakni disorientasi, Gimar menyebut petugas di Barameru memberikan wanti-wanti khusus terhadap pendaki dan pengunjung dengan tujuan camping itu.

“Ya bedalah dengan sebelumnya, karena cuaca juga begini serta karena hujan menjadi trek lebih rawan longsor, kami memberi sosialisasi penekanan kewaspadaan, itu kami sampaikan kepada para perwakilan pendaki saat mendaftar,” tegasnya.

Sementara pendakian di Gunung Merbabu juga masih diminati banyak pengunjung. Informasi yang diterima Solopos.com dari petugas pendaftaran di base camp di sana, Ando Cuntel, sebanyak 150 orang merayakan tahun baru di Merbabu.

“Terpantau 150 orang [yang terdaftar]. Cuaca hujan,” kata Ando lewat pesan singkat kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya