30 Warga Binaan di LP Klaten Sembuh dari Corona

Sebanyak 30 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten dinyatakan telah sembuh dari infeksi virus corona.

 Kondisi di LP Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). Sebanyak 30 warga binaan di LP tersebut sempat terpapar virus corona. Saat ini, puluhan warga binaan itu telah dinyatakan sembuh. (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Kondisi di LP Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). Sebanyak 30 warga binaan di LP tersebut sempat terpapar virus corona. Saat ini, puluhan warga binaan itu telah dinyatakan sembuh. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 30 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten sempat terpapar virus corona dalam satu bulan terakhir. Sebagian besar warga binaan yang terpapar virus corona didominasi dari penghuni blok narkoba.

Demikian penjelasan Kepala LP Kelaa II B Klaten, Ahmad Fauzi, saat ditemui wartawan di LP setempat, Jumat (30/7/2021). Sejauh ini, jumlah warga binaan yang berada di LP Kelas II B Klaten mencapai 296 orang.

“Begitu mengetahui ada 30 warga binaan yang terpapar virus corona itu, kami langsung isolasi di kamar masing-masing. Setelah itu, seluruhnya telah dinyatakan sembuh. Waktu terpapar itu sekitar satu bulan lalu. Kalau hari ini, tidak ada lagi yang terpapar virus corona,” kata Ahmad Fauzi.

Baca juga: Klaten Sedang Tidak Baik-Baik Saja!

Disinggung tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan LP, Ahmad Fauzi mengatakan hal tersebut tetap dilakukan. Selama ini, LP Kelas II B Klaten belum membuka jam layanan pembesuk untuk warga binaan. Hal itu ditujukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang di luar LP.

“Bagi yang masuk ke LP dicek suhu badan dan wajib prokes semuanya,” katanya.

Hal senada dijelaskan Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Diatja) LP Kelas II B Klaten, Muhammad Setiawan. Sepanjang menjalani isolasi di kamarnya masing-masing, warga binaan yang terpapar terus dipantau kondisinya. Hal itu termasuk memberikan suplai vitamin dan obat Covid-19.

“Sebanyak 30 warga binaan yang terpapar virus corona menjalani isolasi selama 14 hari. Seluruhnya hanya bergejala ringan. Sekarang kan semuanya sudah sembuh. Untuk antisipasinya, kami batasi pertemuan warga binaan dengan orang luar [jadwal besuk ditiadakan],” katanya.

Baca juga: Viral Bakul Bawang di Pasar Mirip Sule, Netizen Salfok

Sebelumnya, Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar masih mengalami penambahan 231 kasus baru dan sebanhak 477 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh, Kamis (29/7/2021). Di sisi lain, terdapat penambahan 64 orang dalam sehari.

“Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 28.491 kasus. Sebanyak 3.329 menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 23.113 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.049 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Bruuuk. Atap Serambi Masjid Nguter Sukoharjo Tiba-Tiba Ambruk!

Atap serambi Masjid Nguter Sukoharjo tiba-tiba ambruk beberapa jam selepas digunakan para jamaah untuk menunaikan Salat Subuh.

Acara Wisuda dengan Prokes Ketat, Stikes Estu Utomo Lepas 132 Wisudawan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Estu Utomo Boyolali melaksanakan wisuda 132 mahasiswa di Hallroom Lorin Hotel, Karanganyar, Rabu (6/10/2021).

Sebulan Kosong, Fasilitas Isoter Gedung Wanita Karanganyar Dibongkar

Fasilitas isoter Gedung Wanita Karanganyar mulai dibongkar setelah tidak dipakai pasien OTG Covid-19 sejak September.

Raih Emas PON, Tali Asih Mustakim Klaten Rp12,5 Juta, Besar Apa Kecil?

Tali asih yang diterima Mustakim setelah meraih medali emas dari PON XX Papua senilai Rp12,5 juta dari Pemkab Klaten.

10 Jalan di Soloraya Jadi Ajang Balap Liar, Salah Satu Jadi Arena Judi!

Sebanyak 10 jalan raya di Soloraya kerap jadi lokasi balap liar, bahkan ada balap liar yang dijadikan arena judi.

Sudah Renggut 4 Nyawa, Ini Langkah Dinkes Klaten Tangani DBD

Sejumlah langkah dilakukan Dinkes Klaten untuk mewaspadai DBD yang sudah merenggut empat nyawa selama 2021.

Round Up: Peraih Emas PON, Mustakim Ingin Bantu Ortu Bertani di Sawah

Khoirudin Mustakim, atlet silat asal Klaten peraih medali emas di PON XX Papua berencana membantu orang tua bertani di sawah selama berada di rumah.

Asyik, 3.500 PKL dan Pemilik Warung Wonogiri Cairkan Bantuan Rp1,2 Juta

Sebanyak 3.500 pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung di Wonogiri bisa mencairkan bantuan uang tunai dari pemerintah pusat senilai Rp1,2 juta melalui Polres Wonogiri.

Bupati Sragen: Akses Layanan Pemerintah Harus Tunjukkan Bukti Vaksin!

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mewajibkan syarat kepada warga yang ingin mendapatkan layanan pemerintahan dengan menunjukkan kartu vaksin.

BTN Syariah Solo Hibahkan Ambulans ke RS Ortopedi

PT Bank Tabungan Negara (Persero),Tbk terus berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui program CSR.

Dapat Teror Pinjol, Wong Solo Diminta Lapor Satgas Khusus Polresta

Kapolresta mengimbau wong Solo yang merasa mendapat teror atau intimidasi dari dept collector atau penagih utang pinjol bisa melapor ke satgassus melalui call center.

Round Up Klaster Covid-19 PTM Solo, Pukulan Berat di Tengah Pelonggaran

Klaster Covid-19 PTM di sekolah Kota Solo menjadi pukulan berat di tengah berbagai pelonggaran dan upaya pemulihan kehidupan masyarakat.

Terbaik Se-Soloraya, Pemkot Solo Raih Penghargaan WTP Kali Ke-11

Pemkot Solo mendapat plakat penghargaan atas raihan opini WTP kali ke-11 atas laporan pengelolaan keuangan daerah tahun 2020.

Kenaikan Jenjang, 12 Anggota Specta UIN Surakarta Jelajahi Sumatra

Tim ekspedisi yang berjumlah 12 anggota menempuh perjalanan sekitar 13 hari dengan jarak tempuh ±1000 km dari UIN Raden Mas Said Surakarta menggunakan bus.

Anggota Bhayangkari Sukoharjo Tebar 11.000 Benih Nila di Waduk Mulur

Selain melaksanakan tebar benih ikan, Bhayangkari Cabang Sukoharjo juga membersihkan sampah di sekitaran Waduk Mulur.