SOLOPOS.COM - Sebanyak 30 tim akan bertanding dalam babak final Turnamen 3x3 Indonesia Regional Sumatera, Rabu (1/5/2024) besok di Medan. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 30 tim akan bertanding dalam babak final Turnamen 3×3 Indonesia Regional Sumatera, Rabu (1/5/2024) besok di Lapangan Benteng Kota Medan. Sebelumnya mereka telah melalui babak kualifikasi atau playin dari total peserta 131 tim dan 524 atlet.

Di tahun ketiga penyelenggaraan Turnamen 3×3 Indonesia mempertandingkan lima kategori di tujuh kota pada tiga regional, yakni Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Sebanyak lima kategori itu adalah U-12 Mix, U-15 Putra, U-18 Putra, dan U-23 Putra dan Putri.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

“Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini dibuka di Medan. Setelah dua hari PlayIn Tournament pada 27 dan 28 April 2024, kini Regional Sumatera memasuki babak final regional. Terima kasih bagi seluruh peserta yang sudah mengeluarkan semua kemampuannya untuk berjuang merebut tiket final regional Sumatera,” kata Direktur Utama SSS International Azwan Karim.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament merupakan kompetisi hasil kerja sama antara PT Supersport Sensation (SSS) International dengan PP Perbasi yang didukung dari PT Bank Mandiri, Tbk.

Pertandingan Babak Final Regional Sumatera akan berlangsung pada 1 Mei 2024 di Lapangan Benteng Kota Medan. Dari kategori U-12 Mix, 6 tim yang lolos final regional Sumatera adalah ABM B, I-BASKETBALL, SD Methodist-2 Medan, PBA Warriors, ABM C dan Splash Blue.

Kemudian untuk kategori U-15 Putra, yang lolos adalah Methodist-2 Mustang, Sutomo 1 A, BCK Junior, Xyz C, CSP STAR, dan PBA STAR. Selanjutnya dari kategori U-18 Putra ada Sutomo 1 A, METHODIST 2 Biru, Angkasa Pura X, Adek Abang Sayang FC, EAGLES, dan CKS.

Lalu untuk kategori U-23 Putri meloloskan 6 tim seperti Medan Putih, Medan Merah, Medan Hijau, Polonia Ball Star A, Palmanco Red, dan Palmanco White. Adapun Deri kategori U-23 Putra ada Alumni Sutomo Muda (Pool A), CSP DEVILS (Pool B), POLONIA BALLSTAR (Pool C), Angsapura Ungu (Pool D), Hawks A (Pool E), dan Huka Huka (Pool F).

“Ajang ini memang sengaja dibuat untuk menjadi panggung bagi pemain muda menambah jam terbang di bola basket 3×3. Kami tentu akan sangat senang jika ajang ini bisa menjawab kebutuhan para pemain muda tersalurkan bakatnya dengan baik,” kata Penanggung Jawab Mandiri 3×3 Indonesia Tournament Chaerul Azis.

Sementara itu Wakil Ketua Umum PP Perbasi bidang 3×3 dan Minibasket Jamin Mattotoran mengapresiasi pelaksanaan Turnamen 3×3 Indonesia Regional Sumatera di Medan.

“Regional Sumatera di Medan memang sangat luar biasa, mulai dari antusiasme penonton sampai pemain yang berkompetisi. Hal ini menunjukkan bahwa 3×3 berkembang pesat di luar Jawa. Harapan dari PP Perbasi semoga dalam pelaksanaan di regional lainnya juga akan semeriah di Medan,” jelas Jamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya