SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Shanghai–Sebanyak 30 pengusaha China menjajaki peluang bisnis di bidang infrastruktur, pertambangan, agribisnis, dan manufaktur dengan  menghadiri forum bisnis yang diselenggarakan di Paviliun Indonesia.

“Pertemuan itu juga dihadiri Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wiryawan, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Riau, dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur,” ujar Direktur Paviliun Indonesia Widharma Raya Dipodiputro, di sela World Expo di Shanghai, China, Selasa (22/6).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Ia mengatakan pada kesempatan itu, para pengusaha China menanyakan tentang iklim investasi dan bisnis di Indonesia. Mereka masih mengeluhkan sulitnya perijinan, mempertanyakan penegakan hukum, dan kepastian peraturan.

“Pada waktu itu Kepala BKPM mengatakan bahwa saat ini sudah banyak perubahan di Indonesia. Indonesia juga telah menerapkan National Single Window (NSW) yang memudahkan (operasional) bisnis,” katanya.

Perusahaan Cina yang hadir pada pertemuan tersebut, diakuinya, sebagian besar berminat memasuki bisnis infrastruktur terutama  pembangkit listrik, di samping pelabuhan dan agribisnis. Perusahaan China tersebut antara lain China State Grid, China Harbour dan TBEA.

Sementara Wakil Direktur Paviliun Indonesia Pratito Soeharyo mengatakan, forum bisnis yang dihadiri Kepala BKPM Gita Wiryawan tersebut merupakan kegiatan sejenis ke-2 selama berlangsungnya World Expo. Kegiatan pertama dihadiri Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

“Perdagangan, pariwisata, dan investasi (TTI) merupakan target jangka panjang dari keberadaan Paviliun Indonesia pada ‘World Expo’ saat ini,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Pratito, Paviliun Indonesia tidak hanya dikunjungi masyarakat dan pengusaha China, namun juga delegasi negara lain seperti Norwegia.

“Indonesia memiliki peluang menjadi negara tujuan relokasi industri di China, karena upah tenaga kerja di sini (China) terus meningkat,” ujarnya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya