SOLOPOS.COM - Kader PAC PDIP Jebres, Solo, memasang spanduk pasangan Gibran-Teguh di wilayah mereka, Rabu (22/7/2020) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 30 legislator dari Fraksi PDIP DPRD Solo menyatakannya kesiapan mereka memenangkan Gibran-Teguh di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Pasangan cawali-cawawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, bersilaturahmi Fraksi PDIP DPRD Solo di Ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Jumat (24/7/2020) pukul 12.45 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno, memperkenalkan satu per satu anggota Fraksi PDIP DPRD Solo. Dari total 45 legislator di parlemen, PDIP mendominasi dengan 30 orang.

Dekati 1.000 Kasus, Ini Perincian Positif Covid-19 di Soloraya

Sesi perkenalan Gibran-Teguh sebagai cawali-cawawali Pilkada Solo dengan para legislator tersebut sempat diwarnai tawa ketika Sukasno memperkenalkan Paulus Haryoto.

Secara spontan Sukasno memperkenalkan Paulus sebagai figur dengan tingkat elektabilitas tertinggi untuk menjadi cawawali pendamping Gibran. Pernyataan Sukasno merujuk hasil survei portal online.

Hasil survei tersebut sempat mendapat sorotan publik Solo. “Ini Pak Paulus Haryoto. Pak Paulus kemarin elektabiltasnya 52 persen,” ujar Sukasno disambut gelak tawa audiens.

Diincar PKS Jadi Cawali Pilkada Solo, Ini Jawaban Achmad Purnomo 

Paulus pun hanya bisa ikut tertawa dan tersenyum kecut mendengar pernyataan Sukasno. Faktanya, rekomendasi DPP PDIP untuk Pilkada Solo jatuh kepada Gibran-Teguh, bukan kepada legislator tersebut.

Apalagi Paulus tak mendaftar sebagai cawawali Solo. Peristiwa serupa terjadi ketika Sukasno memperkenalkan Ginda Ferachtriawan. Sukasno memperkealkan Ginda sebagai figur yang bercita-cita sebagai cawawali.

Komandan Lapangan

Pernyataan Sukasno merujuk langkah Ginda yang mendaftarkan diri sebagai cawawali Solo di DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng). Pernyataan Sukasno pun seketika memantik gelak tawa legislator dan pasangan Gibran-Teguh.

Covid-19 Solo: Sudah Boleh Buka Kembali, 2 Hotel Berbintang Ini Pilih Tetap Tutup, Kenapa?

Setelah sesi perkenalan, Sukasno menyatakan seluruh legislator FDIP DPRD Solo siap all out memenangkan pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020. “Teman-teman ini adalah komandan-komandan lapangan di dapil masing-masing,” papar dia.

Kendati rekomendasi cawali-cawawali Solo tidak sesuai usulan DPC PDIP Solo, menurut Sukasno, saat ini sudah tidak ada persoalan. Perintah DPP PDIP harus dijalankan dan diamankan. “Kami akan galang suara di semua lini,” kata dia.

Pernyataan senada disampaikan Teguh Prakosa dalam sambutannya. Menurut dia, perintah partai sudah jelas mengusung Gibran-Teguh. Untuk itu keluarga besar PDIP Solo harus bahu membahu mengamankan perintah partai.

Cucu PB XII Temui PKS, Mau Melawan Gibran di Pilkada Solo?

“Saatnya kita bahu membahu, gotong royong. Tidak perlu diperintah, segera sosialisasikan hasil rekomendasi yang sudah dibawa Ketua DPC PDIP Solo. Sosialisasi bisa dengan kehadiran di tengah masyarakat atau lewat APK,” tutur dia.

Perbedaan pandangan yang mewarnai kader PDIP Solo empat hingga lima bulan terakhir, menurut Teguh, merupakan bagian dari seni politik di PDIP. Tapi ketika keputusan sudah diambil, wajib bagi semua kader untuk mengamankannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya