SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Sekitar 30% dari total penduduk lanjut usia yang terlantar di Kota Jogja memperoleh asistensi sosial yang didanai menggunakan APBD Kota Jogja, APBD DIY hingga APBN pada tahun ini.

“Pada tahun ini, asistensi sosial lanjut usia diberikan kepada 617 lansia dari total 2.031 penduduk lanjut usia terlantar di Kota Jogja,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja, Octo Noor Arafat, Jumat (6/6/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Asistensi sosial kepada penduduk lanjut usia tersebut diberikan dalam bentuk bantuan dana jaminan hidup hingga bantuan pemakaman.

Pada 2014, Pemerintah Kota Jogja memberikan bantuan dana sebesar Rp300.000 per bulan selama 12 bulan untuk 55 penduduk lanjut usia terlantar yang tersebar di lima kelurahan yaitu Semaki, Tahunan, Keparakan, Patehan dan Kadipaten.

“Akan ada bantuan untuk enam kelurahan lagi, namun bantuan tersebut baru akan diusulkan melalui anggaran perubahan 2014,” katanya.

Sedangkan bantuan jaminan hidup kepada lansia terlantar menggunakan dana APBD DIY diberikan kepada 40 orang. Pemberian dilakukan melalui sejumlah organisasi sosial yang melayani lansia.

Pemerintah Kota Jogja melalui Kementerian Sosial juga memberikan bantuan jaminan hidup kepada 240 lansia terlantar di Kota Jogja. Bantuan diberikan secara terus menerus sebesar Rp200.000 per bulan yang disampaikan dalam tiga tahap atau empat bulan sekali.

Kriteria penerima bantuan jaminan hidup bagi lansia terlantar adalah sudah berusia 60-70 tahun, sudah tidak dapat beraktivitas, tidak memiliki penghasilan, belum memperoleh jaminan dari manapun, dan berasal dari keluarga miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya