Tutup Iklan
Sampah menumpuk di bantaran Kali Pepe di Pintu Air Demangan, Sewu, Jebres, Solo, Rabu (21/8/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Tiga warga terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo saat buang -sampah-begini-penampakan-menyedihkan-kali-pepe-dan-premulung-solo" title="Penuh Sampah, Begini Penampakan Menyedihkan Kali Pepe dan Premulung Solo">sampah sembarangan, belum lama ini.

Ketiga warga tersebut terjaring di Mojosongo, Jebres, dan Nusukan, Banjarsari. Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Solo, Agus Sis Wuryanto, mengatakan sudah memantau warga dan lokasi yang biasa jadi tempat warga buang sampah sembarangan.

Berdasarkan pemantauan tersebut, terjaring tiga warga yang melanggar aturan membuang -sampah-di-solo-naik-2-kali-lipat-pasca-iduladha" title="Volume Sampah di Solo Naik 2 Kali Lipat Pasca Iduladha">sampah. Warga tersebut ditindak dengan pembinaan dan sanksi sesuai Perda.

“Kami sudah mengintai lokasi-lokasi pembuangan -contek-kediri-bikin-tempat-pembuangan-sampah-3r-ini-lokasinya" title="Solo Contek Kediri Bikin Tempat Pembuangan Sampah 3R, Ini Lokasinya">sampah warga. Nama orangnya juga sudah jelas. Kami sudah mengantongi identitas semuanya. Kami sudah menjaring tiga warga yang melakukan pelanggaran tersebut,” jelasnya kepada Solopos.com, Rabu (21/8/2019).

Agus tidak mengungkap identitas tiga orang yang terjaring OTT tersebut. Menurut Agus, tiga warga yang terjaring OTT tersebut, sesuai Perda No. 3/2010, dapat dijerat hukuman kurungan maksimal tiga bulan dan denda maksimal Rp50 juta.

“Diberikan sanksi sesuai Perda yang berlaku. Ke pengadilan tentunya vonisnya nanti seperti apa. Apakah akan dijerat hukuman maksimal atau tidak, itu bukan ranah Satpol PP,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Sri Wardhani Poerbowidjojo, mengatakan sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Solo untuk OTT warga yang membuang -didenda-bakul-martabak-sukoharjo-tak-dipenjara" title="Pilih Didenda, Bakul Martabak Sukoharjo Tak Dipenjara">sampah sembarangan.

Menurutnya, tindakan tegas akan diterapkan kepada para warga yang melanggar. Hal ini lantaran masih kurangnya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di sungai.

“Kami sudah koordinasi. Satpol PP Solo akan terus memantau gerak-gerik warga yang membuang sampah sembarangan. Ada Perdanya dan akan benar-benar kami terapkan kepada warga yang masih nekat membuang sampah di sungai,” ucap dia.

Pantauan Solopos.com di Pintu Air Demangan lama, Rabu (21/8/2019), banyak sampah yang menumpuk di sungai tersebut. Beberapa warga membuang sampah di sungai tanpa memikirkan dampak negatifnya terhadap sungai.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten