3 Warga Blitar Diciduk Densus 88

Aparat Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan tiga orang terduga teroris dari wilayah Blitar, Jawa Timur. Densus juga sempat melakukan penggeledahan di rumah salah satu terduga terorisĀ  untuk mencari barang bukti.

3 Warga Blitar Diciduk Densus 88

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tim Densus 88. (Antara - Rony Muharrman)

Solopos.com, BLITAR — Aparat Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan tiga orang terduga teroris dari wilayah Blitar, Jawa Timur. Densus juga sempat melakukan penggeledahan di rumah salah satu terduga teroris  untuk mencari barang bukti.

Ketiga orang yang diamankan Densus itu yakni SU, 53, warga Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Ia merupakan seorang penjaga apotek dan diamankan oleh tim pada Jumat (23/8/2019) malam sekitar pukul 18.20 WIB di Kelurahan Beru, Kabupaten Blitar.

Terduga teroris lainnya adalah KU, 48, warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di laundry dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 15.52 WIB di depan rumahnya.

Terduga teroris lainnya yang diamankan petugas adalah JO, 47, warga Jl. Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di sebuah BPR di Kota Blitar dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 20.30 WIB.

Petugas kemudian membawa ketiganya ke Polres Blitar untuk dilakukan interogasi awal oleh Tim Densus dan selanjutnya akan dibawa ke Mako Brimob Polda Jatim. Para terduga teroris tersebut juga dalam keadaan yang baik.

Tim Densus dibantu oleh polisi juga sempat melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris SU di Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Proses penggeledahan dilakukan secara tertutup.

Tim sempat mengamankan sejumlah barang bukti misalnya buku panduan jihad, senjata tajam, celurit, telepon seluler, komputer dan sejumlah barang lainnya.

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridho membenarkan terkait adanya penangkapan tiga terduga teroris di wilayah Blitar, serta penggeledahan yang dilakukan guna mencari barang bukti.

“Memang benar bahwa Polres Blitar telah membantu backup giat penindakan yang dilakukan oleh Tim Densus Mabes Polri yang telah mengamankan terduga teroris di wilayah Blitar,” kata Kapolres di Blitar, Sabtu (24/8/2019).

Dia menambahkan untuk perkembangan lebih lanjut dirinya masih menunggu dari Mabes Polri.

Disinggung terkait dengan kronologis penangkapan, ia mengatakan tim langsung membawa terduga teroris tersebut ke Polres Blitar untuk konsolidasi lalu dibawa ke Polda Jatim untuk pemeriksaan lanjutan.

“Dari giat dimaksud ada satu terduga yang beralamat di Kabupaten Blitar dan dua orang terduga beralamat di Kota Blitar,” kata dia.

Sejumlah warga mengaku kaget adanya petugas yang mengamankan tetangga mereka, salah satunya diungkapkan oleh Sugiono, tetangga dari JO, warga Jl. Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

“Kami tidak menyangka, sebab orangnya ramah dan sering ikut kerja bakti,” kata Sugiono kepada wartawan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.