Tutup Iklan

3 Warga Blitar Diciduk Densus 88

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BLITAR — Aparat Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan tiga orang terduga teroris dari wilayah Blitar, Jawa Timur. Densus juga sempat melakukan penggeledahan di rumah salah satu terduga teroris  untuk mencari barang bukti.

Ketiga orang yang diamankan Densus itu yakni SU, 53, warga Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Ia merupakan seorang penjaga apotek dan diamankan oleh tim pada Jumat (23/8/2019) malam sekitar pukul 18.20 WIB di Kelurahan Beru, Kabupaten Blitar.

Terduga teroris lainnya adalah KU, 48, warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di laundry dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 15.52 WIB di depan rumahnya.

Terduga teroris lainnya yang diamankan petugas adalah JO, 47, warga Jl. Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di sebuah BPR di Kota Blitar dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 20.30 WIB.

Petugas kemudian membawa ketiganya ke Polres Blitar untuk dilakukan interogasi awal oleh Tim Densus dan selanjutnya akan dibawa ke Mako Brimob Polda Jatim. Para terduga teroris tersebut juga dalam keadaan yang baik.

Tim Densus dibantu oleh polisi juga sempat melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris SU di Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Proses penggeledahan dilakukan secara tertutup.

Tim sempat mengamankan sejumlah barang bukti misalnya buku panduan jihad, senjata tajam, celurit, telepon seluler, komputer dan sejumlah barang lainnya.

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridho membenarkan terkait adanya penangkapan tiga terduga teroris di wilayah Blitar, serta penggeledahan yang dilakukan guna mencari barang bukti.

“Memang benar bahwa Polres Blitar telah membantu backup giat penindakan yang dilakukan oleh Tim Densus Mabes Polri yang telah mengamankan terduga teroris di wilayah Blitar,” kata Kapolres di Blitar, Sabtu (24/8/2019).

Dia menambahkan untuk perkembangan lebih lanjut dirinya masih menunggu dari Mabes Polri.

Disinggung terkait dengan kronologis penangkapan, ia mengatakan tim langsung membawa terduga teroris tersebut ke Polres Blitar untuk konsolidasi lalu dibawa ke Polda Jatim untuk pemeriksaan lanjutan.

“Dari giat dimaksud ada satu terduga yang beralamat di Kabupaten Blitar dan dua orang terduga beralamat di Kota Blitar,” kata dia.

Sejumlah warga mengaku kaget adanya petugas yang mengamankan tetangga mereka, salah satunya diungkapkan oleh Sugiono, tetangga dari JO, warga Jl. Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

“Kami tidak menyangka, sebab orangnya ramah dan sering ikut kerja bakti,” kata Sugiono kepada wartawan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Yahya Waloni: Saya Minta Maaf Saudaraku Umat Nasrani

Yahya Waloni berjanji ke depan akan berdakwah tanpa harus menyakiti umat lain.

Pengamat UGM Soal Peluang Ganjar-Airlangga Duet Pilpres 2024

Pengamat Politik UGM, Wawan Mas'udi menyebut Ganjar populer sedangkan Airlangga memiliki modal kuat secara politik.

Waspada! Akun Bodong Mengatasnamakan IndiHome Gentayangan

IndiHome memberi peringatan akan potensi penipuan yang dilakukan oleh oknum dengan akun palsu di twitter.

PTM di Wonogiri Tunggu Vaksinasi Siswa dan Guru Rampung

Wonogiri akan menggelar PTM jika seluruh murid dan guru selesai divaksinasi dan fasilitas pendukung memenuhi syarat.

Jumlah Petani Muda Makin Banyak

Gerakan menarik kaum muda di Kabupaten Klaten agar mau berkecimpung di dunia pertanian makin masif, salah satunya dilakukan Komunitas Petani Muda Klaten.

BEM SI Tuntut Jokowi Tanggung Jawab Soal Pelemahan KPK

Aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI), yang berdemo di dekat gedung KPK, menyampaikan lima tuntutan terkait KPK.

Prostitusi Gay Berkedok Pijat Plus di Solo Digerebek, Segini Tarifnya

Polda Jateng menggerebek tempat praktik prostitusi sesama jenis atau gay di Kota Solo yang membanderol tarif mulai dari Rp250.000.

Jejak Limbah Ciu Hilang Tersapu Hujan, Kali Samin Sukoharjo Bersih Lagi

Air Kali Samin yang sempat berubah hitam karena tercemar limbah ciu dari sentra industi ciu Mojolaban dan Polokarto, Sukoharjo, kembali bersih.

Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

Harga Cabai dan Bawang Putih di Wonogiri Naik Tipis

Cabai merah besar, cabai keriting, rawit hijau, dan hijau besar di Wonogiri naik harga selama beberapa pekan terakhir.

Pernikahan Unik Anak Teknik, Pasangan Pengantin Jadi Mandor

Mempelai pria yang merupakan alumnus Fakultas Teknik itu dikagetkan dengan kedatangan teman-teman seangkatan yang mengenakan seragam proyek.

Bakso Tumpeng Merapi ala Klaten, Bagaimana Komposisinya?

Bakso Tumpeng Merapi terinsiprasi dari Gunung Merapi diwarnai lelehan larva.

Duh, 3 Siswa di Madiun Diketahui Positif Covid-19 saat Skrining PTM

Pemkot Madiun menggelar skrining atau pemeriksaan Covid-19 bagi siswa yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka atau PTM di sekolah.

145 Siswa 2 SMP di Sragen Mendadak Dites Antigen, Hasilnya...

Tes swab antigen kepada pelajar SMP dimulai Senin untuk antisipasi munculnya klaster sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM).

Korban Penculikan Pengusaha Sragen Melahirkan, Polisi Lakukan Tes DNA

Tim penyidik Satreskrim Polres Madiun Kota masih memeriksa pengusaha asal Sragen, DN, 36, karena diduga menculik dan mencabuli remaja 14 tahun asal Kota Madiun.