SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BLITAR — Aparat Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan tiga orang terduga teroris dari wilayah Blitar, Jawa Timur. Densus juga sempat melakukan penggeledahan di rumah salah satu terduga teroris  untuk mencari barang bukti.

Ketiga orang yang diamankan Densus itu yakni SU, 53, warga Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Ia merupakan seorang penjaga apotek dan diamankan oleh tim pada Jumat (23/8/2019) malam sekitar pukul 18.20 WIB di Kelurahan Beru, Kabupaten Blitar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terduga teroris lainnya adalah KU, 48, warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di laundry dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 15.52 WIB di depan rumahnya.

Terduga teroris lainnya yang diamankan petugas adalah JO, 47, warga Jl. Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Ia bekerja di sebuah BPR di Kota Blitar dan ditangkap pada Jumat sekitar pukul 20.30 WIB.

Petugas kemudian membawa ketiganya ke Polres Blitar untuk dilakukan interogasi awal oleh Tim Densus dan selanjutnya akan dibawa ke Mako Brimob Polda Jatim. Para terduga teroris tersebut juga dalam keadaan yang baik.

Tim Densus dibantu oleh polisi juga sempat melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris SU di Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Proses penggeledahan dilakukan secara tertutup.

Tim sempat mengamankan sejumlah barang bukti misalnya buku panduan jihad, senjata tajam, celurit, telepon seluler, komputer dan sejumlah barang lainnya.

Kapolres Blitar AKBP Anisullah M. Ridho membenarkan terkait adanya penangkapan tiga terduga teroris di wilayah Blitar, serta penggeledahan yang dilakukan guna mencari barang bukti.

“Memang benar bahwa Polres Blitar telah membantu backup giat penindakan yang dilakukan oleh Tim Densus Mabes Polri yang telah mengamankan terduga teroris di wilayah Blitar,” kata Kapolres di Blitar, Sabtu (24/8/2019).

Dia menambahkan untuk perkembangan lebih lanjut dirinya masih menunggu dari Mabes Polri.

Disinggung terkait dengan kronologis penangkapan, ia mengatakan tim langsung membawa terduga teroris tersebut ke Polres Blitar untuk konsolidasi lalu dibawa ke Polda Jatim untuk pemeriksaan lanjutan.

“Dari giat dimaksud ada satu terduga yang beralamat di Kabupaten Blitar dan dua orang terduga beralamat di Kota Blitar,” kata dia.

Sejumlah warga mengaku kaget adanya petugas yang mengamankan tetangga mereka, salah satunya diungkapkan oleh Sugiono, tetangga dari JO, warga Jl. Riam Kiri, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

“Kami tidak menyangka, sebab orangnya ramah dan sering ikut kerja bakti,” kata Sugiono kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya