3 Wakil Ketua DPRD Sukoharjo Dapat Mobil Baru Seharga Rp500 Juta
Mobdin wakil ketua DPRD Sukoharjo baru berupa sedan Toyota New Corolla Altis. (Solopos/Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tiga wakil ketua DPRD Sukoharjo mendapat masing-masing satu unit mobil dinas baru. Mobil senilai setengah miliar rupiah (Rp500 juta) itu baru digunakan para pimpinan DPRD dua pekan terakhir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, mobdin baru pimpinan DPRD itu berupa sedan Toyota New Corolla Altis berwarna hitam dengan pelat nomor AD 6, AD 7, dan AD 9. Kendaraan dinas ini menggantikan mobil lama dengan jenis sama.

Dari laman dealer Nasmoco, Toyota New Corolla Altis dibanderol Rp459 juta untuk manual dan Rp495 juta untuk jenis mobil automatic. Corolla Altis dibekali mesin IL 4 silinder yang memiliki 16 katup serta teknologi mesin DOHC Dual VVT-i yang akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi irit hingga 13,7 km per liter.

Karyawati Garuda Indonesia: Ari Askhara Sering Keliling, Minta Nomor HP Pramugari

Selain itu, sedan Toyota Corolla Altis berkapasitas 1798 cc. Di sektor pengereman, Toyota menyematkan pengereman ABS serta sistem EBD (Electronic Brake-force Distribution) untuk Altis agar rem berfungsi konsisten dan mendukung kemampuan pada manuver yang cukup tajam serta menghindari ban dari kondisi selip.

Pengadaan mobdin tiga wakil ketua DPRD ini dianggarkan setelah pengadaan mobil dinas untuk ketua DPRD. Pengadaan kendaraan dinas untuk ketua DPRD bersamaan dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Sukoharjo.

Ketua DPRD mendapatkan mobdin baru berupa Toyota Fortuner. Wakil Ketua DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Siti Zakiyatun Ni'mah membenarkan mobdin baru untuk tiga unsur wakil ketua DPRD.

"Iya benar mobil baru. Toyota New Corolla Altis," kata Ni'mah.

Tragis! Ibu di Purwantoro Wonogiri Meninggal Usai Minum Racun Serangga Bareng 2 Anaknya

Dia mengatakan mobil tersebut baru diserahkan dari Sekretariat DPRD kepada tiga wakil ketua DPRD pada 29 November lalu. Mobil Toyota New Corolla Altis ini menggantikan mobil lama yang merupakan peninggalan DPRD periode 2015-2019 lalu.

"Jadi mobil dinas lama itu usianya sudah lima tahun. Kondisinya mungkin sudah lelah, jadi waktu saya gunakan bunyi grok-grok," katanya.

Tentunya dengan mobdin baru, dia mengatakan kinerjanya lebih optimal. Mobil bisa digunakan untuk operasional tugas kedewanan yang memang harus sering turun ke lokasi guna menyerap aspirasi warga.

Ibu di Wonogiri yang Meninggal Usai Minum Racun Serangga Bareng 2 Anak Tulis Wasiat, Ini Isinya

"Tentu mobil baru lebih nyaman dan berpengaruh juga ke kinerja," katanya.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Sukoharjo Basuki Budi Santoso saat dimintai konfirmasi melalui pesan Whatsapp membenarkan ada pengadaan mobdin baru untuk tiga unsur wakil ketua DPRD.

Namun saat ditanya lebih lanjut besaran anggaran pengadaan itu, Basuki mengaku tidak bisa memastikannya. "Saya ini masih dinas. Ikut pansus [panitia khusus] DPRD, kunker. Besok kalau sudah balik saya jelaskan nilainya," kata dia.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho