SOLOPOS.COM - Tangkapan layar proses evakuasi truk yang terjebak material Merapi di Kali Gendol, Cangkringan, Selasa (19/4/2022) - Ist

Solopos.com, SLEMAN — Tiga unit truk penambang pasir terkubur material pasir akibat banjir lahar hujan di kawasan Gunung Merapi, Selasa (19/4/2022). Satu truk terjebak di Kali Gendol dan dua truk lainnya di Kali Woro.

Banjir lahar hujan terjadi setelah hujan deras yang terjadi di puncak Gunung Merapi pada Selasa. Banjir lahar mengalir ke sejumlah sungai yang berhulu Merapi seperti Kali Gendol di Cangkringan dan Kali Woro, Kemalang, Klaten.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Banjir lahar hujan yang membawa material Merapi itu menyebabkan setidaknya tiga truk penambang pasir terjebak. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam persitiwa ini.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan, mengatakan saat ini truk yang terjebak banjir lahar sedang dievakuasi di Kali Gendol. Proses evakuasi menggunakan alat berat karena sebagian badan truk tertutup material pasir. Truk dievakuasi setelah kondisi aman dan banjir lahar hujan mulai surut.

Baca Juga: Penimbun BBM Subsidi di Sleman Dibongkar, Begini Modusnya

Truk terjebak dan terkubur pasir di hulu Kali Gendol berjarak 7 km sisi Selatan dari puncak Gunung Merapi. Truk berplat K berwarna kuning tersebut dikendari oleh Nyamin, warga Dolog, Rejosari, Kradenan, Grobogan, Jawa Tengah.

“Saat proses evakuasi truk terjadi guguran awan panas yang mengarah ke arah Barat. Semoga tidak ke arah tenggara sampai truk berhasil dievakuasi,” harapnya.

Kejadian banjir lahar hujan terjadi sekitar pukul 10.45 WIB. Secara visual saat itu Gunung Merapi tidak nampak karena pekatnya awan. Sekitar pukul 11:35 WIB tiba-tiba aliran datang dengan intensitas sedang. Sejumlah truk penambang berhasil diselamatkan karena air terus meninggi.

Baca Juga: Kejam! ART asal Cilacap Dianiaya & Gaji Tak Dibayar Majikan di Sleman

Namun truk armada yang memuat pasir secara manual tersebut tidak sempat menyelamatkan dari material Merapi.

“Sudah ada yang memperingatkan agar segera putar balik tetapi aliran banjir hujan keburu datang dan akhirnya terjebak. Sopir truk dan penambang manual lari ke tempat yang aman dan selamat,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Banjir Lahar Hujan di Lereng Merapi, Truk Terkubur di Kali Gendol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya