SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Kabar24.com/Festivaladvices)

Ilustrasi (JIBI/Kabar24.com/Festivaladvices)

Anda mungkin kesulitan menolak godaan untuk berbelanja pakaian, terutama ketika setiap toko di pusat perbelanjaan menggelar diskon besar-besaran.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Tapi jika kebiasaan tersebut membuat keuangan jadi sulit diatur, berikut adalah beberapa cara untuk meredam keinginan belanja Anda.

Buat bujet untuk pakaian

Rencanakan bujet untuk belanja pakaian Anda setiap bulannya dan sebaiknya pisahkan rekening antara bujet belanja dengan dana yang Anda tabung. Cara ini untuk mengontrol pengeluaran belanja Anda setiap bulannya, sehingga Anda tidak harus mengeruk tabungan demi memuaskan kebiasaan belanja itu.

Catat kebutuhan pakaian

Sebaiknya catat apa saja kebutuhan pakaian Anda dan apa yang benar-benar perlu Anda beli. Hal ini untuk menghindari pembelanjaan yang hanya didasari pada pembenaran Anda dengan mengatakan bahwa Anda “butuh”, padahal Anda hanya “ingin”.

Belajar untuk meragukan keinginan Anda

Ketika melihat baju atau rok yang menarik, coba belajar untuk meragukan keinginan Anda untuk membelinya. Berpikirlah berulang kali untuk membeli pakaian tersebut, kemudian pikirkan apa yang bisa Anda lakukan dengan uang tersebut jika Anda tidak jadi berbelanja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya