SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com BOYOLALI — Demi menjaga keamanan diri dalam bermedia sosial (medsos), masyarakat diimbau agar pasif dalam menerima informasi. Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Widodo Muktiyo pada acara talkshow yang diadakan Pemkab Boyolali di Gedung Balai Sidang Mahesa (dome) Boyolali, Jumat (14/12/2018).

“Agar aman, sebaiknya pasif dalam bermedsos. Kalau ada informasi cukup simpan untuk kita saja tak usah diteruskan,” ujarnya. Kedua, lanjut Widodo Muktiyo, biasakan melakukan konfirmasi informasi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Maksudnya yang memberikan informasi tersebut dikenal, masyarakat bisa mengkroscek kepada pengirimnya mengenai kebenaran informasi itu.

“Kalau pengirimnya kita kenal, silakan dijapri dan tanyakan kebenaran informasinya. Sebaliknya kalau kalau Anda tidak kenal dan ragu-ragu, kembali kepada pesan sebelumnya, pasif dan tidak usah diteruskan,” ujarnya.

Berikutnya adalah jangan suka sensasi dan kurangi hal-hal yang bersifat kontraproduktif di medsos yang justru akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sementara itu, Bupati Seno Samodro, yang juga hadir pada acara itu juga mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam bermedsos. “Pertimbangkan dengan matang sebelum bermedsos. Karena ikut menyebarkan berita bohong atau hoaks pun bisa kena pidana,” ujarnya.

Acara talkshow tersebut terasa segar dengan kehadiran dua Marwoto dan Den Baguse Ngarso sebagai MC, bersama Andri Putranto. Ketiganya membawakan acara dengan santai dan penuh canda.

Hadirin yang mayoritas adalah Kaum Hawa itu dihibur artis Nia Diniati yang antara lain membawakan lagu-lagu hits miliknya di masa lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya