SOLOPOS.COM - Ilustrasi sedih karena pasangan selingkuh. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Setelah mengetahui pasangan selingkuh, mungkin bukan hal mudah untuk mempertahankan hubungan. Dunia terasa runtuh dan Anda pasti sangat marah.

Tidak mudah memang menjalani hidup setelah mengetahui pasangan selingkuh seperti yang dialami Kinan dalam drama seri Layangan Putus.  Berbagai faktor di luar hubungan dengan pasangan (termasuk faktor sudah punya anak) jangan jadi alasan yang terkadang malah membuat masalah semakin rumit. Hubungan yang tidak bahagia tersebut akan semakin parah saja jika memang salah satu di antara Anda masih bersikeras pada ego masing-masing dan anak jadi tidak mendapatkan teladan pernikahan yang sehat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada dasarnya, keputusan untuk memilih mempertahankan hubungan atau berpisah setelah pasangan selingkuh ada pada diri Anda sendiri. Kuncinya, jangan terpengaruh dari hal-hal lain yang membuat Anda justru semakin sulit untuk memutuskan pilihan, misalnya omongan orang lain. Mulailah dengan memantapkan hati dan pikiran Anda. Setelah itu, pertimbangkan secara detail segala risiko yang akan Anda hadapi ke depannya, termasuk masalah hak asuh anak misalnya.

Baca Juga: Perempuan Menyatakan Cinta kepada Pria? Begini Caranya

Jika Anda ingin mempertahankan hubungan setelah pasangan berselingkuh, berikut ini tipsnya seperti dikutip dari hellosehat.com pada Rabu (19/1/2022):

1. Jujur

Salah satu tips mempertahankan hubungan setelah pasangan selingkuh adalah utamakan kejujuran. Ya, kejujuran adalah hal utama yang harus Anda lakukan untuk dapat bangkit setelah perselingkuhan. Sampaikan pada pasangan secara mendetail tentang semua keluhan yang Anda rasakan. Memendam perasaan sakit sendiri membuat korban perselingkuhan rentan mengalami depresi karena kesedihan yang mendalam.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi pasangan yang selingkuh untuk mendengarkan dan memahami setiap keluh kesah yang disampaikan oleh korban perselingkuhan.

Baca Juga: Selain Layangan Putus, Berikut Ini Sinetron Bertema Perselingkuhan

2. Buat peraturan

Bukan hal yang aneh lagi jika korban perselingkuhan umumnya akan lebih posesif kepada pasangannya. Ya, ini adalah sebuah pertahanan yang secara alamiah dibentuk agar kejadian perselingkuhan tak terulang lagi. Oleh sebab itu, bagi Anda korban perselingkuhan, membuat aturan yang disepakati bersama pasangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Anda dapat meminta pasangan untuk selalu siap sedia menjawab teleponnya, meskipun memang tidak ada percakapan penting yang akan dibahas. Selain itu, buatlah kesepakatan agar Anda dapat melihat dan mengecek isi ponsel dan aktivitas online yang dilakukan oleh pasangan Anda.

Baca Juga: Doa Menjauhkan Suami dari Pelakor atau Selingkuhannya

Namun, jika semua hal ini sudah dilakukan tapi Anda tetap sulit sekali memercayai pasangan, mungkin itu artinya Anda dan pasangan memang sudah tidak bisa lagi mengusahakan apa pun.

3. Saling berbagi tanggung jawab

Orang yang pernah selingkuh harus mau menanggung semua kesalahannya, apa pun konsekuensinya. Sementara untuk Anda yang diselingkuhi, bantulah pasangan untuk dapat keluar dari masalah perselingkuhan yang pernah ia lakukan. Misalnya dengan cara sama-sama melakukan konseling pernikahan.

Sadarilah bahwa masing-masing dari Anda memiliki tanggung jawab yang sama untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi di masa depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya