Tutup Iklan
3 Tips Bisa Berkurban Walaupun Tabungan Anda Belum Cukup
Ilustrasi sapi untuk kurban Idul Adha. (istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Setiap tahunnya, umat Islam di dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Tahun ini, Idul Adha  diselenggarakan pada Kamis (31/7/2020).

Pada hari besar ini, banyak dari mereka yang menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berkurban atau membeli dan menyembelih hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Dalam ajaran agama Islam, kurban sifatnya sunnah bagi mereka yang mampu. Namun, bukan berarti hanya orang kaya yang bisa menyumbangkan kurban.

Jika Anda belum memiliki cukup dana, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membeli hewan kurban. Meskipun waktunya cukup mepet dengan perayaan Idul Adha, niat Anda untuk berkurban tetap bisa terwujud dengan cara berikut.

1. Berpatungan dengan keluarga

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengumpulkan dana bersama keluarga Anda agar bisa membeli hewan kurban. Bila dana yang terkumpul dirasa masih kurang, Anda bisa juga mengajak teman-teman Anda untuk ikut berpatungan.

Namun, sesuai aturan, kurban urunan hanya bisa dilakukan untuk hewan sapi dan unta, dengan jumlah peserta sebanyak tujuh orang. Misalnya harga seekor sapi Rp25 juta, maka per orang bisa memberi dana sekitar Rp3,5 juta.

Nantinya, sapi yang dibeli akan diatasnamakan ketujuh orang tersebut. Sedangkan untuk kurban berupa kambing, bisa saja dibeli secara urunan, namun kambing yang disembelih hanya bisa diatasnamakan satu orang.

2. Menggadaikan barang

Apabila Anda memiliki barang berharga seperti emas, berlian, kendaraan bermotor dan lain sebagainya dan tidak memiliki tabungan untuk berkurban pada tahun ini, tidak ada salahnya untuk menggadaikan barang tersebut. Sebab menggadaikan barang berharga adalah salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan dana cepat.

Namun, gadaikan di lembaga gadai yang sudah terjamin seperti pegadaiannya ya. Bila tidak, niat baik Anda ingin mendapatkan dana untuk berkurban tahun ini bisa berujung kerugian material.

3. Kurban Online

Dilansir dari Republika.com, sejak tahun 2017, tren kurban online terus mengalami peningkatan, karena diklaim lebih mudah dalam melakukan pemesanan daging kurban (terima jadi).

Selain praktis karena tidak perlu survei ke peternak hewan dan memanggil tukang jagal untuk memotong kurban, metode yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari transfer bank hingga kredit online.

Nah, bagi Anda yang tabungannya belum cukup untuk membeli hewan kurban, Anda bisa memanfaatkan layanan kredit online yang disediakan oleh e-commerce yang memfasilitasi umat muslim yang mau membeli sekaligus mencicil hewan kurbannya secara online.

Sejumlah e-commerce yang menawarkan fasilitas tersebut antara lain Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, JD.id, dan Elevenia.

Semua e-commerce yang sudah disebutkan diatas juga bekerja sama dengan Kredivo yang menawarkan jasa kredit online.

Dengan lebih rendah di antara fintech lainnya yaitu 2,6% per bulan, Anda mendapatkan layanan pembayaran berkala mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan, sehingga Anda bisa lebih fleksibel dalam menyesuaikan tenor dengan kondisi keuangan Anda.

Dengan terobosan tersebut, kini Anda bisa melaksanakan ibadah kurban walaupun penghasilan yang dikumpulkan masih belum mencukupi.

Selain itu, melakukan kurban secara online juga lebih aman, karena di tengah pandemi seperti sekarang, Anda mengurangi risiko untuk melakukan kontak langsung di luar rumah.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera pilih cara yang paling sesuai untuk Anda berkurban!


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho