Tutup Iklan
Candra Wibowo, CEO Janjaya Group (Solopos-Shoqib Angriawan)

Solopos.co, SOLO -- Janjaya Group perusahaan yang berpusat di Kartasura, Sukoharjo sukses mengembangan lini bisnisnya, dari mulai transportasi hingga kuliner. Perusahaan dengan 300 karyawan ini dipimpin oleh Candra Wibowo. CEO berusia 39 tahun ini bagi-bagi tips memulai bisnis alias berwirausaha. 

Bagi CEO Janjaya Group, Candra Wibowo, sebuah bangsa semakin maju  karena masyarakatnya yang banyak berwirausaha. Ya, pentingnya wirausaha bagi kesejahteraan suatu bangsa memang tidak lagi diragukan kebenarannya. Menambah jumlah wirausaha di sebuah negara, termasuk Indonesia menjadi kunci untuk bangsa yang sejahtera. Indonesia memiliki generasi muda yang potensial. Sayangnya masih banyak di antara mereka yang belum tergerak hatinya untuk membuka lapangan pekerjaan.

Salah satu masalahnya yaitu ketidakberanian untuk membuka usaha. Banyak di antara mereka yang takut untuk memulai usaha, takut rugi, takut tidak laku, takut ditipu orang, hingga takut persaingan usaha.

Menurut CEO Janjaya Group, Candra Wibowo, untuk mencapai kesuksesan, jalan yang ditempuh tidak mudah. Banyak sekali rintangan dan hambatan yang harus ditanggung ketika menjalankan bisnis. Namun hal tersebut tak sepatutnya membuat hati Anda menjadi takut untuk memulai bisnis. Ada beberapa hal agar Anda semakin mantap memulai bisnis.

Berani
Jangan takut untuk memulai usaha. Keberanian menjadi modal penting yang harus Anda miliki. Berani tentu artinya bukan asal-asalan. Tentunya Anda harus memiliki konsep usaha yang jelas. Rajin membaca dan mencari ilmu akan menguatkan keberanian Anda untuk memulai usaha.

Tekun
Jika tidak memiliki tekad kuat dan semangat pantang menyerah, sulit bagi Anda untuk meraih kesuksesan. Tekun menjadi salah satu kunci keberhasilan. Belajar dari kesalahan akan membuat Anda semakin dewasa. Anda akan lebih siap dalam menghadapi segala risiko di hadapan Anda. Risiko dalam bisnis adalah keniscayaan dan dapat dicarikan jalan keluarnya.

Doa
Selain bekerja keras, Anda tentunya juga tidak boleh melupakan ibadah dan doa. Usaha yang dijalankan tidak hanya menghasilkan keuntungan semata, namun juga membawa berkah dan manfaat bagi pemilik, karyawan dan masyarakat.

 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten