3 RW Di Sangkrah Solo Dapat Dana Hibah Rp2 Miliar, Ini Peruntukannya

Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, mendapatkan dana hibah senilai Rp2 miliar yang digunakan untuk memperbaiki dan membangun sarana publik

 Katino memompa air di fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) di RT 007 RW 010 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (1/8/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Katino memompa air di fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) di RT 007 RW 010 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (1/8/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo mendapatkan hibah sekitar Rp2 miliar untuk membangun sarana sanitasi di tiga RW wilayah Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, pada tahun ini. Fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) akan dibangun ulang dan direnovasi agar mudah diakses untuk semua orang.

Koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat Sangkrah Madani, Sriyono, 43, menjelaskan Pemkot mendapatkan dana hibah dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (Department of Foreign Affair and Trade/DFAT). Pemkot menyalurkan dana hibah untuk tiga kelurahan, salah satunya Kelurahan Sangkrah dengan nilai sekitar Rp2 miliar.

“Progresnya tahun ini, Agustus baru mulai. Rencananya [pembangunan fasilitas MCK untuk] penyandang disabilitas bisa mencukupi. Termasuk kloset duduk,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Waduh, Eks Wali Kota Solo Rudy Sebut Ada Calo Donor Plasma Darah

Menurut Sriyono, dana hibah utuk warga Sangkrah, Solo, itu tersebar di tiga wilayah RW masing-masing RT 007/RW 010 berupa pembangunan ulang MCK, IPAL komunal, dan sumur dalam.

Kemudian RT 006/RW 011 berupa pembangunan drainase; dan RT 006/RW 012 berupa renovasi MCK supaya ramah dengan kelompok rentan, IPAL komunal, dan sumur dalam.

Sumur Dalam

“Ada lebih dari 20 MCK di wilayah Sangkrah. MCK yang dibangun setelah 2018 mudah diakses semua unsur masyarakat. Ada dua lokasi yakni RT 001/RW 013 dan RT 002/RW 012,” jelasnya.

Baca Juga: Mulai Buka Lagi, Pengunjung Pasar Depok Solo Tak Sampai 40%

Ia mengatakan pembangunan sarana sanitasi juga menyasar sumur dalam karena Perusahaan Umum Daerah Air Minum atau PDAM Kota Solo. Hal itu karena PDAM mengambil sumber air dari Sungai Bengawan Solo untuk wilayah Sangkrah. Kualitas air tersebut tidak baik. “Nanti biaya air akan lebih terjangkau dengan pengelolaan KSM [Kelompok Swadaya Masyarakat],” paparnya.

Sriyono menjelaskan pembangunan IPAL komunal dengan dana hibah untuk masyarakat Sangkrah, Solo, itu untuk mengatasi masalah limbah rumah tangga yang langsung dibuang ke sungai. Banyak rumah yang tidak memiliki IPAL karena ketersediaan lahan yang terbatas.

Lurah Sangkrah, Eka Budi Mulyana, saat diminta konfirmasi mengatakan sudah menerima laporan rencana pembangunan sarana sanitasi di Kelurahan Sangkrah dengan anggaran Rp2 miliar tahun ini.

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Ini Alasan Sekeluarga Tidur di Warung Wedangan Kartasura Tolak Tawaran Tinggal di Rusunawa

Bupati Sukoharjo melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada satu keluarga pasutri pedagang kaki lima (PKL) wedangan di depan SMP Negeri 3 Kartasura ini.

Belum Sempat Bertemu Pembeli, 2 Kurir Sabu-Sabu Asal Karanganyar Diringkus BNNP DIY

Dua pemuda asal Karanganyar dibekuk BNNP DIY saat hendak bertransaksi sabu-sabu di jalan raya Solo-Jogja di wilayah Sleman.

Keren, 3 Warga Sragen Ini Ambil Bagian dalam PON XX 2021 di Papua

Dua atlet dan satu asisten pelatih itu dilepas Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Ruang Transit, Setda Pemkab Sragen, Kamis (16/9/2020) sore.

Pemkab Sukoharjo Jamin Sekolah Gratis dan KIS Keluarga Kartasura Tidur Di Warung Wedangan

Selain tawarkan rusunawa, Pemkab Sukoharjo memberikan jaminan sekolah gratis bagi anak-anak keluarga yang tinggal di kolong meja wedangan Kartasura.

Bed Isolasi RS Covid-19 Solo Mulai Kosong, Sukarelawan Dibebastugaskan

Bed ruang isolasi untuk merawat pasien di RS rujukan Covid-19 Kota Solo sudah jauh menurun bahkan mulai kosong dalam beberapa hari terakhir.

BPBD Karanganyar: Waspadai Bencana Awal Musim Hujan

BPBD Karanganyar mulai melakukan sosialisasi antisipasi bencana ke masyarakat di kawasan rawan bencana alam.

115 Desa di Boyolali Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 15.000 orang

Melalui pengoptimalan tim vaksinasi desa, diperkirakan vaksinasi Covid-19 di Boyolali akan selesai di tahun ini.

Pemkot Solo-Kemenperin Kerja Sama Kembangkan AK Tekstil, Gibran: Terpenting Lulusan Terserap Industri

Pemkot Solo bekerja sama dengan Kemenperin dalam pengembangan Akademi Komunitas atau AK Tekstil terutama penyerapan tenaga kerja.

Bioskop Sukoharjo Sudah Kembali Buka, Ini Syarat bagi Pengunjung

Bioskop di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, sudah mulai buka, Kamis (16/9/2021), menyusul turunnya level PPKM dan zona risiko Covid-19.

Gibran Masuk Bursa Pilkada DKI Jakarta, Pengamat Politik Refly Harun: Cek Ombak

Pengamat politik nasional Refly Harun menyebut wacana Gibran maju sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta hanya untuk cek ombak.

Angka Kesembuhan di Klaten Lebih Tinggi dari Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Tapi...

Angka kesembuhan Covid-19 di Klaten dinilai jauh berada di atas angka terkonfirmasi Covid-19 dalam sehari, Kamis (16/9/2021).

Arisan Online Menjamur di Soloraya, Pengacara Solo Sebut ini Pemicunya

Arisan online marak di Soloraya belakangan ini dan tak sedikit yang akhirnya mbledos, uang member sulit kembali.

3 Warga Sragen Dibekuk Polisi Karanganyar Gara-gara Transaksi Sabu-Sabu

Tiga warga Sragen ditangkap aparat Satnarkoba Polres Karanganyar gara-gara transaksi narkoba jenis sabu-sabu di jalan Solo-Sragen.

Dilaporkan ke Polisi oleh Advokat dan Warga, Begini Tanggapan Bupati Sragen

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dilaporkan oleh empat warga dan 18 advokat ke Polres Sragen, Kamis (16/9/2021).

Dukung Penanganan Covid-19, Telkomsel Serahkan Alat Kesehatan ke Grup 2 Kopassus

Telkomsel kembali menyalurkan bantuan alat medis dalam rangka mendukung penanggulangan Covid-19 di Indonesia

Warga dan 18 Advokat Laporkan Bupati Sragen ke Polisi, Apa Masalahnya?

Sebanyak 18 advokat yang tergabung dalam PBH Peradi Sragen mendampingi empat warga melaporkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, kepada Polres Sragen.