3 RW Di Sangkrah Solo Dapat Dana Hibah Rp2 Miliar, Ini Peruntukannya

Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, mendapatkan dana hibah senilai Rp2 miliar yang digunakan untuk memperbaiki dan membangun sarana publik

 Katino memompa air di fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) di RT 007 RW 010 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (1/8/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Katino memompa air di fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) di RT 007 RW 010 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (1/8/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo mendapatkan hibah sekitar Rp2 miliar untuk membangun sarana sanitasi di tiga RW wilayah Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, pada tahun ini. Fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) akan dibangun ulang dan direnovasi agar mudah diakses untuk semua orang.

Koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat Sangkrah Madani, Sriyono, 43, menjelaskan Pemkot mendapatkan dana hibah dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (Department of Foreign Affair and Trade/DFAT). Pemkot menyalurkan dana hibah untuk tiga kelurahan, salah satunya Kelurahan Sangkrah dengan nilai sekitar Rp2 miliar.

“Progresnya tahun ini, Agustus baru mulai. Rencananya [pembangunan fasilitas MCK untuk] penyandang disabilitas bisa mencukupi. Termasuk kloset duduk,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Waduh, Eks Wali Kota Solo Rudy Sebut Ada Calo Donor Plasma Darah

Menurut Sriyono, dana hibah utuk warga Sangkrah, Solo, itu tersebar di tiga wilayah RW masing-masing RT 007/RW 010 berupa pembangunan ulang MCK, IPAL komunal, dan sumur dalam.

Kemudian RT 006/RW 011 berupa pembangunan drainase; dan RT 006/RW 012 berupa renovasi MCK supaya ramah dengan kelompok rentan, IPAL komunal, dan sumur dalam.

Sumur Dalam

“Ada lebih dari 20 MCK di wilayah Sangkrah. MCK yang dibangun setelah 2018 mudah diakses semua unsur masyarakat. Ada dua lokasi yakni RT 001/RW 013 dan RT 002/RW 012,” jelasnya.

Baca Juga: Mulai Buka Lagi, Pengunjung Pasar Depok Solo Tak Sampai 40%

Ia mengatakan pembangunan sarana sanitasi juga menyasar sumur dalam karena Perusahaan Umum Daerah Air Minum atau PDAM Kota Solo. Hal itu karena PDAM mengambil sumber air dari Sungai Bengawan Solo untuk wilayah Sangkrah. Kualitas air tersebut tidak baik. “Nanti biaya air akan lebih terjangkau dengan pengelolaan KSM [Kelompok Swadaya Masyarakat],” paparnya.

Sriyono menjelaskan pembangunan IPAL komunal dengan dana hibah untuk masyarakat Sangkrah, Solo, itu untuk mengatasi masalah limbah rumah tangga yang langsung dibuang ke sungai. Banyak rumah yang tidak memiliki IPAL karena ketersediaan lahan yang terbatas.

Lurah Sangkrah, Eka Budi Mulyana, saat diminta konfirmasi mengatakan sudah menerima laporan rencana pembangunan sarana sanitasi di Kelurahan Sangkrah dengan anggaran Rp2 miliar tahun ini.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Warung Makan di Wisata Air Klaten Sudah Buka Lur.. Tapi Umbulnya Masih Tutup

Puluhan objek wisata air belum memperoleh lampu hijau dari Satgas PP Covid-19 guna membuka usahanya karena masih PPKM level 3.

Tuntut PTM Digelar, Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta Pasang Bendera Merah

Para mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam UIN Raden Mas Said Surakarta itu memasang 70 bendera di lingkungan kampus di Kartasura.

Diledek Kaesang Gaji Wali Kota Solo Kecil, Respons Gibran di Luar Dugaan

Kaesang kepada Deddy mengungkapkan soal gaji sang kakak dan ayahandanya selama menjadi pejabat publik.

Si Jago Merah Lalap Rumah Warga di Trucuk Klaten

Luas area yang terbakar mencapai 10 meter X 12 meter, sedangkan proses penanganan kebakaran berlangsung mulai pukul 06.14 WIB hingga pukul 08.15 WIB.

Tersisa 81.257 Pelajar Klaten Belum Divaksin, Pekan Depan Jadi Prioritas Vaksinasi

Satgas PP Covid-19 Klaten tinggal berkonsentrasi merampungkan vaksinasi 81.257 pelajar karena sebanyak 31.020 pelajar sudah divaksin pada waktu sebelumnya.

Kompak, Bawaslu Boyolali Gandeng Pramuka Awasi Pemilu

Kwarcab Boyolali menyambut baik didirikannya Saka Adhyasta Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Boyolali.

Dampak Teknologi, 80 Persen Generasi Muda Gagap Berkomunikasi Langsung

Kecanggihan teknologi dapat menunjang berbagai aktivitas masyarakat, namun di sisi lain juga memberikan dampak negatif khususnya bagi generasi muda.

Disebut Candi Asu, Ini Wujud Yoni di Tengah Sawah Klaten Terdampak Tol Solo-Jogja

Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu berada tak jauh dari patok kuning yang menjadi titik tengah rencana ruas tol Solo-Jogja.

Karanganyar Naikkan Target Vaksinasi Jadi 10.000 Orang/Hari, Yuk Bisa Yuk!

Keputusan menaikkan sasaran vaksinasi Covid-19 itu diambil berkaitan dengan sejumlah kebijakan pemerintah pusat.

Anak 12 Tahun ke Atas di Sukoharjo Mulai Disasar Vaksinasi Covid-19

Anak usia 12 tahun ke atas di Sukoharjo mulai menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 seiring bergulirnya PTM di sekolah.

Jadwal Pemadaman Listrik Karanganyar dan Klaten Hari Ini, Rabu (22/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar dan Klaten hari ini, Rabu (22/9/2021) yang berlangsung selama empat dan tujuh jam.

Proyek GOR Indoor Manahan Solo Mandek, Legislator Pertanyakan Kinerja Konsultan Pengawas

Kalangan legislator DPRD Solo menyayangkan pekerjaan proyek pembangunan GOR Indoor Manahan tak selesai dan mempertanyakan kinerja konsultan pengawas.

Kompak, 800 Orang Bergerak Bantu TMMD di Majasto Sukoharjo

Sedikitnya 800 warga berpartisipasi dalam program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD di Desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo.

Populasi Penderita Gagal Ginjal di Soloraya Terus Meningkat, Waspadai Pemicunya!

Jumlah penderita gagal ginjal di Soloraya terus meningkat dari tahun ke tahun yang dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

GTT Senior Wonogiri Pesimistis Lolos Ujian PPPK, Ini Alasannya

Sejumlah GTT senior di Wonogiri tak yakin bakal lolos ujian kompetensi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Vaksinasi Covid-19 Baru 45%, Danrem Tetap Yakin Herd Immunity Wonogiri Bisa Terbentuk Oktober

Danrem Warastratama optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa digenjot hingga 70% pada Oktober 2021 sehingga herd immunity terbentuk.