SOLOPOS.COM - Virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) (JIBI/Reuters)

Harianjogja.com, BANTUL- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul belum memutuskan apakah pasien terduga middle east respiratory syndrome (MERS) yang dirawat di rumah sakit ini akan dipulangkan atau tidak.

“Sejauh ini belum ada kabar pasti, kebetulan juga tengah libur jadi belum tahu up date terakhir perkembangan pasien. Tapi kalau sudah membaik akan kami pulangkan,” jelas Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Panembahan Senopati Bantul Attobari, Kamis (15/5/2014).

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Sebelumnya, rumah sakit ini sempat merawat sejumlah pasien yang diduga terjangkit MERS karena baru saja pulang umrah dari Arab Saudi. Namun, hasil pemeriksaan terhadap pasien ini dinyatakan negatif.

Dengan hasil pemeriksaan laboratorium yang menyatakan negatif tersebut, Attobari menyatakan para calon haji yang akan berangkat ke tanah suci tidak perlu khawatir. Sebab sejauh ini memang belum ada warga Indonesia yang terbukti positif terpapar MERS.

Attobari menambahkan ada tiga pasien dirawat di RSUD Panembahan Senopati karena diduga terjangkit MERS. Pasien tersebut baru saja pulang dari Mekah usai menunaikan ibadah umrah. Pasien tersebut mulai dirawat sejak Sabtu (10/5/2014). Pasien mengeluhkan demam tinggi dan penurunan daya tahan tubuh.

Pasien sempat dirawat di ruangan khusus untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit mematikan tersebut.

Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul I Nyoman Gunarsa menyatakan, sesuai prosedur pasien terduga MERS atau virus mematikan lainnya seperti flu burung harus diisolasi.

RSUD Panembahan Senopati merupakan 1 dari 100 RS di Indonesia yang ditunjuk untuk menangani penyakit dengan kategori kejadian luar biasa itu oleh pemerintah pusat. “Kami punya empat ruangan isolasi yang dapat menampung pasien selain di RS Sarjito,” terang Nyoman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya