SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka (keempat dari kanan) saat berbicara di Ponpes Al Muayyad, Mangkuyudan, Solo, Sabtu (26/10/2019). (Solopos - Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Tiga partai politik (parpol) nonparlemen siap menyokong Gibran Rakabuming Raka untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020.

Ketiga parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD Solo itu yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebelumnya sudah ada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memiliki satu kursi di DPRD Solo menyatakan siap mendukung Gibran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketiga parpol nonparlemen itu siap membantu Gibran memenuhi syarat dukungan maju dari jalur perseorangan bila tidak mendapatkan rekomendasi DPP PDIP.

“Kami mendukung Gibran, apakah dia maju lewat PDIP atau non-PDIP. Sudah saatnya Solo dipimpin sosok muda, kreatif, dan inovatif. Dengan kreativitasnya, Solo akan melakukan terobosan-terobosan untuk maju,” ujar Ketua DPC PPP Solo, Edy Jasmanto, saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (29/10/2019).

Gibran Rakabuming Maju Pilkada Solo, Relawan Jokowi: Dia Tak Seperti Jokowi!

Edy menilai sosok pemimpin muda seperti Gibran mempunyai banyak keunggulan seperti pemikiran yang segar, berani, dan enerjik. Satu-satunya kekurangan figur muda adalah pengalaman di bidang pemerintahan.

Tapi kekurangan itu menurut dia bisa ditutup seiring berjalannya waktu dia menjadi kepala daerah. “Kalau dengan kekurangan itu tak boleh mencalonkan ya bagaimana bisa punya pengalaman. Sekolahnya ya dengan jadi wali kota,” sambung dia.

Mantan legislator DPRD Solo periode 2014-2019 tersebut mengatakan dukungan untuk Gibran merupakan sikap kader akar rumput dan elite pengurus PPP Solo. Pada Pemilu 2019 lalu PPP Solo meraup sekitar 11.500 suara.

Jarang Disorot, Ini Fakta Menarik Istri Didi Kempot

Suara tersebut siap membantu Gibran untuk memenuhi syarat minimal dukungan bila maju dari jalur independen. Pernyataan senada disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto, saat diwawancara Solopos.com via telepon, Selasa.

Menurut dia, sedari awal Demokrat konsisten mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu maju Pilkada Solo 2020. Sosok muda yang kreatif dan inovatif dibutuhkan untuk memimpin Solo ke depan agar semakin maju dan berkembang.

“Sosok Gibran yang kami nilai punya potensi paling besar untuk membawa Solo berkembang dan maju di berbagai sektor mulai dari pariwisata, budaya, olah raga, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan rakyat,” ujar Supriyanto.

Partai Demokrat berharap Gibran berpasangan dengan sosok yang sudah punya pengalaman di bidang pemerintahan dan politik. Tujuannya agar mereka bisa saling melengkapi kekurangan sebagai pemimpin Solo.

Demo Massa #SoloBergerak Bikin Macet Jalan Solo-Jogja-Semarang

Sikap yang sama ditunjukkan DPC PKB Solo. Mereka lebih memilih figur muda untuk memimpin Solo lima hingga sepuluh tahun ke depan. Sosok muda lah yang mereka nilai punya peluang untuk memberikan sesuatu yang baru bagi Solo.

Sejumlah nama anak muda masuk radar DPC PKB Solo seperti Gibran Rakabuming Raka dan Evandra R.P. Subagyo. Nama yang disebut terakhir merupakan politikus muda Partai Golkar yang pada Pemilu 2019 menjadi caleg DPR Dapil V Solo.

Tapi Evandra yang seorang pengusaha itu tidak lolos ke Senayan. “Visi PKB Solo lebih ke anak muda yang bisa memberikan warna baru di Solo. Mereka punya inovasi dan kreativitas,” tutur Ketua DPC PKB Solo, Mohamad Rofik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya