SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Tiga orang yang merupakan satu keluarga mengalami luka-luka karena tertimpa alat peraga kampanye (APK) milik salah satu calon anggota legislatif (caleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jl. Pelita Tama, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Tiga orang yang mengalami luka-luka itu adalah Ahmad Jenudin berusia 23 tahun, Jumiatun berusia 60 tahun, dan Ima berusia tujuh tahun. Ima menjadi korban paling parah lantaran mengalami luka lebam di bagian mata kanan, sedangkan dua orang lainnya mengalami luka di bagian tubuh.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Bawaslu Kota Madiun, Kokok Heru Purwoko, mengatakan peristiwa robohnya APK milik caleg dari PSI terjadi pada Minggu (11/11/2018) sekitar pukul 18.00 WIB. Salah satu anggota keluarga korban melaporkan kejadian itu kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun, Senin (12/11/2018).

Kokok mengatakan saat itu empat orang mengendarai sepeda motor yaitu Ahmad Jaenudin, Jumiatun, Ima, dan Rasyid yang masih berusia satu tahun. Ahmad Jaenudin adalah anak Jumiatun sedangkan Ima dan Rasyid cucunya. Empat orang itu berboncengan menggunakan sepeda motor hendak pulang setelah berbelanja buah di Pasar Joyo.

Namun, saat melewati Jl. Pelita Tama di lokasi kejadian ada APK berbentuk baliho berukuran 3 meter X 4 meter yang roboh. APK yang roboh itu kemudian menimpa keempat korban hingga terjatuh.

“Ada empat orang yang berboncengan itu. Tetapi yang mengalami luka-luka hanya tiga orang. Satu korban yang paling kecil bernama Rasyid tidak terluka. Korban langsung dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan,” ujar dia kepada wartawan.

Kokok menyampaikan APK itu roboh karena saat kejadian ada angin kencang yang menerpa. Hingga akhirnya APK roboh dan mengenai empat orang itu.

APK itu roboh karena material yang digunakan hanya berupa bambu. Dia kerap mengingatkan kepada caleg yang ingin memasang APK untuk menggunakan besi atau material yang kokoh. Sehingga saat diterpa angin kencang tidak roboh apalagi saat musim penghujan seperti sekarang.

Mengenai lokasi pemasangan APK, kata dia, APK itu di lokasi yang diperbolehkan. Namun, yang menjadi persoalan hanya bagian material kerangka APK.

Bawaslu telah berkoordinasi dengan pihak PSI terkait peristiwa tersebut. Pihak PSI menyatakan akan bertanggung jawab dengan menanggung seluruh biaya pengobatan ketiga korban.

“PSI mau bertanggung jawab atas peristiwa itu. Bawaslu siap melakukan mediasi antara korban dan pihak partai,” ujar dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya