SOLOPOS.COM - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid (kanan) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dalam konferensi pers seusai pertemuan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara 4, Jakarta, Rabu (6/9/2023). (ANTARA/Fath Putra Mulya)

Solopos.com, JAKARTA – Bakal calon presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Yenny Wahid di kediamannya, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (7/9/2023) petang. 

Pada kesempatan itu, Yenny Wahid juga ditemani ibundanya Nyai Sinta Nuriyah. Mereka kurang lebih melakukan pertemuan tertutup selama sejam. 

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Pertemuan Yenny dengan Prabowo ini sendiri dilakukan tak lama usai adanya deklarasi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024. 

Sudah menjadi rahasia umum, Yenny dan Cak Imin kerap berseberangan jalan. Yenny menganggap Cak Imin telah mengkudeta ayahnya Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagai pimpinan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Seusai pertemuan, Prabowo dan Yenny sempat menemui awak media untuk memberikan keterangan pers. 

Berbagai pernyataan menarik disampaikan keduanya usai pertemuan, berikut di antaranya. Cawapres Muda untuk Prabowo Prabowo menyebut Menteri BUMN Erick Thohir, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk kriteria bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya di Pilpres 2024. 

Awalnya, Yenny Wahid berharap siapa pun cawapres Prabowo harus merepresentasi anak muda. Dia tak mau menyebut nama, yang terpenting bagi Yenny adalah kriteria. 

“Karena kita butuh itu, anak-anak muda terwakili suaranya dan Pak Prabowo siapa pun cawapres yang dipilih mewakili anak muda,” ujar Yenny seusai pertemuan, dilansir Bisnis.com

Tanggapi pernyataan Yenny, Prabowo menyatakan setuju. Dia pun menyebut beberapa nama yang memenuhi kriteria yang dilemparkan Yenny Wahid. 

“Erick [Thohir] muda, Gibran [Rakabuming Raka] muda. Banyak yang muda. Kalian ada yang daftar? Ridwan Kamil oke,” ungkap Prabowo.

Yenny mengungkap, Prabowo menjadi kandidat teratas capres yang akan didukung kelompok Gus Dur dalam ajang Pilpres 2024. Alasannya, adalah banyaknya kesamaan pandangan. 

“Secara rasional, berkomunikasi dengan Pak Prabowo, Pak Prabowo ini mempunyai visi yang sangat luar biasa. Bagi kami, Pak Prabowo ini top list [ada di daftar paling atas]. Jadi prioritas paling utama karena ada kesamaan-kesamaan visi,” ungkap Yenny seusai pertemuan. 

Meski demikian, lanjutnya, itu baru pertimbangan rasional. Keputusan mendukung seorang pemimpin ditempuh lewat pertimbangan rasional dan spiritual. 

Meski secara rasional Prabowo jadi kandidat utama, namun secara spiritual Yenny belum menentukan pilihan. 

Nantinya, dia akan berziarah ke makam ayahnya yang juga mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. 

“Pertimbangan spiritualnya adalah harus ke makam bapak. Kebetulan saya belum sempat ke sana ini. Jadi dari sisi pertimbangan spiritual memang saya harus melalui itu dulu,” jelas Yenny. 

Lebih lanjut dikatakan setiap zaman membutuhkan karakter pemimpin yang berbeda. Kini, menurutnya, pemimpin Indonesia harus menguasai dinamika geopolitik dunia. 

Pasalnya, Indonesia sangat rentan menjadi wilayah pertikaian sebab berada di tengah-tengah negara kuat seperti India, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat. 

“Nah pemimpin yang akan memimpin Indonesia ke depan harus mengerti dinamika geopolitik orang yang harus punya kemampuan strategic thinking. Nah saya rasa orang seperti Pak Prabowo ini punya kemampuan seperti itu, maka wajib bagi saya sebagai representasi dari kelompok Gus Dur untuk berkomunikasi intens dengan Pak Prabowo,” ucap Yenny. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Poin-Poin Hasil Pertemuan Prabowo dan Yenny Wahid”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya