Ilustrasi mobil dan polusi udara. (Reuters)

Solopos.com, CALIFORNIA — Pemerintah negara bagian California di Amerika Serikat (AS) telah menghentikan pembelian mobil dari tiga pabrikan, yaitu Toyota, Fiat Chrysler, dan General Motors.

Ketiga pabrikan itu dianggap tak mematuhi standar emisi di California. Pemerinta California memang memiliki standar sendiri tentang emisi yang berbeda dibanding peraturan pemerintah AS.

Menanggapi hal itu, General Motors menyayangkan keputusan Pemerintah California untuk menghentikan pembelian mobil dari pabrikan tertentu dengan alasan mengurangi jejak karbon yang dihasilkan.

“Menghapus kendaraan seperti Chevy Bolt, serta melarang GM dan produsen lain dari pertimbangan akan mengurangi pilihan California untuk kendaraan listrik buatan Amerika yang terjangkau,” ujar perwakilan General Motors Jeannine Ginivan seperti dikutip Okezone, Kamis (21/11/2019).

Sementara itu, Ford, Honda, BMW, dan VW dianggap mampu mematuhi kebijakan California. Dengan begitu, California hanya membeli kendaraan dari pabrikan tersebut pada Januari 2020 mendatang.

Gubernur California Gavin Newsom mengancam pabrikan yang tak patuh tak akan bisa jualan di wilayahnya. “Industri otomotif yang memilih untuk berada di sisi yang salah, akan kehilangan daya belinya di California,” ucap Newsom.

Pemerintah California secara gamblang juga menegaskan akan secara efektif melarang lembaga negara membeli sedan yang masih menggunakan mesin berbahan bakar bensin, dengan pengecualian untuk kendaraan keselamatan umum tertentu.

Sumber: Okezone.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten