SOLOPOS.COM - Rapat antara KTNA Sragen, Distan Ketapang Sragen, BRI, dan Disperindag Sragen terkait penerapan kartu tani di Pendapa Distan Ketapang Sragen, Selasa (15/9/2020). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN–Tiga menteri dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dijadwalkan bakal meramaikan KTNA The Exporience 2022 yang dihelat Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sragen pada 27-31 Juli 2022 mendatang.

Pada pameran tersebut juga dipajang 100 jenis produk inovasi, teknologi, dan digitalisasi pertanian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiga menteri yang dijadwalkan hadir itu terdiri atas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi A. Halim Iskandar; dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

Penjelasan itu diungkapkan Ketua KTNA Sragen, Suratno, kepada Solopos.com, Rabu (6/7/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Suratno menerangkan KTNA ingin menunjukkan wajah pertanian kekinian lewat KTNA The Exporience 2022 yang digelar di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen itu.

Baca Juga: KTNA Sragen Soal Beli BBM Pake MyPertamina: Menyulitkan Petani!

Dia mengatakan KNTA Exporience ini mengangkat tema Menumbuhkan Petani Milenial, Menjaga Ketahanan Masa Depan.

“Kami mengemas ekspo ini dengan tampilan kekinian. Kemasan yang menarik dan unik sesuai kondisi zaman ini diharapkan berdampak positif terhadap pertumbuhan minat generasi milenial untuk terjun ke dunia pertanian. Pada akhirnya, para generasi milenial mulai tergugah untuk terjun ke dunia pertanian,” ujar dia.

Suratno menerangkan ada 100 stan pameran dari produk-produk industri pertanian, inovasi pertanian, teknologi pertanian, serta digitalisasi pertanian.

Dia menyebut usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang pangan dan komoditas pertanian unggulan serta komunitas petani milenial juga ikut menjadi narasumber dalam KTNA The Exporience 2022 itu.

Dia menerangkan ada tiga menteri yang akan hadir dalam ekspo itu yang masing-masing akan menjadi keynote speaker pada setiap acara yang dihelat selama lima hari itu.

Baca Juga: Hari Ini, 18 Pelaku Agribisnis di Wonogiri Gelar Lapak

Dia menyebut Gubernur Jateng akan menjadi keynote speaker pada diskusi bertajuk Inspirasi Petani Milenial. Dia melanjutkan Menteri Desa PDTT juga menjadi pembuka dalam diskusi bertajuk Desa Sebagai Kekuatan Kedaulatan Pangan Indonesia.

Suratno mengatakan ada juga Menparekraf akan membuka diskusi Agrowisata Sebagai Alternatif Pengembangan Petani Milenial.

“Menteri Pertanian dijadwalkan hadir untuk membuka sekaligus melakukan Temu Wicara dengan para petani secara langsung bersama Bupati Sragen, Gubernur Jawa Tengah dan KTNA Provinsi Jawa Tengah,” katanya

Suratno mengatakan KTNA Ekspo ini akan melibatkan panitia sebanyak 10.000 orang.

Dia mengungkapkan panitia akan menerapkan registrari secara online bagi pengunjung. Panitia akan memandu pengunjung yang belum familiar dengan digitalisasi karena akan ada hadiah bagi yang beruntung.

Dia mengatakan penyelenggaraan KTNA ekspo ini bersifat mandiri tetapi melibatkan seluruh unsur Pemkab Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya